FITNESS & HEALTH

Sambil Menunggu Vaksinasi Covid-19, Anak-anak Diharapkan Tetap Dapatkan Imunisasi Rutin

Raka Lestari
Selasa 16 November 2021 / 19:54
Jakarta: Saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia sudah memberikan izin darurat mengenai vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun. Rencananya, vaksinasi pada anak usia tersebut dilakukan pada awal tahun depan. 

Dan sambil menunggu vaksinasi bisa dilakukan, orang tua diharapkan bisa tetap melakukan imunisasi rutin pada anak.

“Untuk anak usia di bawah 12 tahun, kita tahu dengan adanya persetujuan penggunaan darurat dari BPOM akan menambah target vaksinasi. Tadinya saat ini sudah 208 juta, dengan adanya penambahan rentang usia 6-11 tahun maka akan ada penambahan sekitar 26-27 juta,” ujar dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Juru Bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dalam acara Webinar di YouTube Kemenkes pada Selasa, 16 Oktober 2021.


vaksinasi anak
(Juru Bicara untuk Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan menunggu vaksin covid-19 tentunya imunisasi rutin untuk proteksi anak-anak perlu dilakukan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 


Ia menambahkan, “Ini artinya tambahan lagi untuk vaksinnya, kurang lebih sekitar 58-59 juta. Nah ini yang belum teralokasi dari vaksin yang saat ini sudah kita pesan dan sudah disetujui oleh produsen vaksin. Saat ini 2021 kan sudah hampir mau selesai, jadi tidak akan mungkin dan sangat sulit untuk kita mendapatkan vaksin di tahun ini,” ujar dr. Nadia.

“Sehingga paling cepat kita itu bisa memulai vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun itu di Januari atau pun Februari 2022. Nanti kita akan informasikan lebih lanjut mengenai bagaimana pelaksanaan vaksinasi pada anak ini,” kata dr. Nadia.

Meskipun demikian, menurut dr. Nadia yang paling penting diingatkan untuk orang tua dari anak-anak usia 6-11 tahun adalah pada usia tersebut masih menerima imunisasi rutin. 

“Ini yang harus dilakukan oleh para orang tua, sambil menunggu vaksinasi covid-19 sebaiknya imunisasi rutinnya dilengkapi karena ternyata banyak juga anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi rutin seperti campak, polio, hepatitis, yang memang harus mereka terima setiap tahunnya,” ujarnya.

“Dan sebenarnya kita tahu bahwa vaksin atau imunisasi rutin ini adalah imunisasi yang memang bisa memberikan perlindungan untuk anak-anak yang menerima imunisasi ini. Jadi ini penting, selain menunggu vaksin covid-19 tentunya imunisasi rutin untuk proteksi anak-anak kita lakukan,” pesan dr. Nadia.

(TIN)