BEAUTY

7 Panduan Kecantikan dan Perawatan Diri agar Tetap Glowing 24/7 Selama Berpuasa

Yuni Yuli Yanti
Rabu 20 April 2022 / 09:00
Jakarta: Saat berpuasa tubuh perlu beradaptasi dengan pola makan dan waktu tidur yang baru, begitu juga dengan kondisi kulit. Sehingga dibutuhkan perlindungan dan perawatan yang ekstra selama bulan puasa untuk menghindari permasalahan kulit akibat kekurangan mineral dan nutrisi. 

Menurut Chrisanti Indiana, Co-Founder & CMO Social Bella, pola makan serta tidur yang berubah saat bulan Ramadan, tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memberi perhatian serta perawatan ekstra demi menjaga kondisi kulit wajah dan tubuh ketika menjalankan puasa. 

Chrisanti menyebutkan sebagai bestie untuk kecantikan, Sociolla siap menemani bestie selama 24/7 untuk memberikan tips yang dapat membantu para bestie menghindari permasalahan kulit yang tidak diinginkan selama bulan Ramadan.

Berikut tujuh tips menjaga kesehatan dan kecantikan kulit selama berpuasa, di antaranya:

 

Gunakan face mist saat sahur

Di bulan puasa ini pasti banyak para bestie yang sulit bangun saat sahur. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan wajah dengan mudah adalah dengan menyemprotkan face mist favoritmu ketika bangun tidur. Sehingga, kamu bisa lebih semangat untuk menyiapkan dan menikmati sahur dengan orang terkasih.

 

Awali pagi dengan mandi 

Salah satu cara untuk membuat tubuh bersih dan segar sepanjang hari adalah dengan mandi pagi dengan air dingin. Faktanya, jika dilakukan setiap pagi, hal ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi, jika ditambah dengan produk perawatan diri seperti shower gel serta sampo dan kondisioner yang dapat menjawab kebutuhan kulit tubuh seperti menghaluskan dan membersihkan tubuh dari kotoran serta menguatkan kulit kepala. 

 

Berikan nutrisi untuk kulit di siang hari

Meskipun, saat puasa kita harus menahan haus dan lapar, bukan berarti kulit juga tidak memerlukan nutrisi ya! Agar kulit wajah dan tubuh tetap terhidrasi dan sehat sepanjang hari di bulan puasa, pastikan untuk gunakan moisturizer dan body lotion yang memiliki kandungan alami dan sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Dengan ini, tidak usah takut kulit akan kering ataupun pecah-pecah meskipun kamu sedang berpuasa. Selain itu, agar tetap terlindungi dari sinar UV matahari ketika beraktivitas outdoor maupun indoor, jangan lupa untuk gunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan aplikasikan ulang di siang harinya.


(Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan wajah dengan mudah adalah dengan menyemprotkan face mist favoritmu ketika bangun tidur. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Pakai lip balm untuk melembapkan bibir

Menahan minum dari fajar hingga waktu berbuka seringkali membuat bibir terasa kering, pecah-pecah bahkan mengelupas. Salah satu produk perawatan bibir yang terkenal dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah lip-balm. Oleh karena itu, kamu perlu siapkan lip balm yang dapat menghidrasi dan melembapkan bibir untuk perawatan bibir sehari-hari.

 

Gunakan riasan make up natural

Saat Ramadan pasti akan dipenuhi dengan banyak momen kebersamaan yang istimewa seperti aktivitas ngabuburit dan buka puasa bersama dengan teman dan keluarga. Tidak jarang di momen bukber ini banyak yang berdandan penuh serta tampil dengan berbagai dresscode. Bagi para bestie yang tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan penuh dan ingin agar kulit wajah bisa lebih bernapas, kamu tetap bisa terlihat cantik dengan make up yang tipis dan natural. 

Gunakan BB Cream atau concealer saja sebagai base, lalu produk yang bisa digunakan sebagai cheek and lip tint sekaligus untuk memberikan warna pada wajah, serta tidak melupakan eyeliner dan maskara untuk mempertegas definisi mata. 


(Agar wajah tetap segar dan terlihat cukup istirahatnya, gunakan eye mask sebelum tidur untuk melembapkan area mata. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Hair mist atau sampo kering

Ketika, berkumpul dengan orang tercinta saat acara bukber, terkadang muncul rasa tidak percaya diri akan penampilan. Padahal, ketika kamu menggunakan wewangian yang enak, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan bisa membuat orang mempersepsikan dirimu dengan lebih positif lagi. 

Selain tentunya menggunakan deodoran dan parfum, kamu juga bisa menggunakan hair mist ataupun dry shampoo (sampo kering) yang dapat disemprotkan ke rambut dengan mudah. Tampil harum yang maksimal tentunya akan membantu kamu agar lebih percaya diri lagi ketika bersilaturahmi dengan orang tercinta di bulan Ramadan ini.

 

Atasi kantung mata dengan eye mask sebelum tidur

Memasuki bulan puasa, jam tidur pun akan berubah, di mana terkadang tidur lebih malam karena memperbanyak ibadah dan bangun lebih pagi dari biasanya untuk sahur. Hal ini dapat menimbulkan kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata.

Agar wajah tetap segar dan terlihat cukup istirahatnya, gunakan eye mask sebelum tidur untuk melembapkan area mata dan mengurangi kantung mata serta menyamarkan lingkaran hitam. 
(yyy)