FAMILY

Begini Caranya agar Anak-anak Mau Mengonsumsi Sayuran Hijau

Raka Lestari
Senin 11 April 2022 / 10:00
Jakarta: Membuat anak-anak mau mengonsumsi sayuran memang terkadang bisa menjadi hal yang menyulitkan. Meskipun sayuran memiliki banyak manfaat yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka, namun tetap saja mereka menolaknya dengan berbagai alasan. Hal ini tentu membuat orang tua kebingungan dalam menemukan cara agar si buah hati mau mengonsumsi sayur ya.

Menurut sebuah studi, cara terbaik untuk membuat anak-anak mau mengonsumsi makanan yang tidak mereka sukai adalah dengan memberikan makanan tersebut secara berulang-ulang.  Dalam tes yang dilakukan studi tersebut, anak-anak yang berulang kali diberikan sayuran akan lebih mungkin untuk akhirnya mengonsumi sayuran tersebut. 

Psikolog dari Ghent University di Belgia mempelajari 98 anak pra sekolah dengan 10 sayuran baik itu dikukus maupun direbus yang terdiri dari sawi putih, bit, timun, jamur, kacang polong, daun bawang, Brussels sprouts, bayam, dan kembang kol. Pada tes rasa ditemukan bahwa sawi putih adalah sayuran yang paling tidak disukai. 

Lalu, anak-anak tersebut dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta untuk mencoba semangkuk sawi putih berulang kali tanpa dorongan lebih lanjut. Sementara dua kelompok lainnya diberi hadiah berupa stiker, mainan dan pujian secara lisan. 


(Anak yang diberikan sayur tanpa iming-iming hadiah adalah cara terbaik membiasakan mereka agar mau makan sayur. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 81 persen anak-anak yang mencoba sawi putih berulang kali akhirnya menyukainya, dibandingkan dengan 68 persen yang diberikan mainan atau stiker dan 75 persen diberikan pujian lisan.

Tim peneliti mengatakan semua orang tua tahu betapa sulitnya menyuruh anak-anak untuk makan sayur, dengan banyak menawarkan hadiah atau suguhan sebagai imbalan bagi anak-anak agar mau memakan sayuran mereka. 

"Dalam pengujian kami, ketiga strategi tersebut memiliki tingkat kesuksesan yang sama, dan menunjukkan bahwa hadiah tidak memiliki dampak yang substansial terhadap keinginan untuk makan sayuran. Hasilnya menyoroti bahwa paparan berulang merupakan cara terbaik untuk bisa menyukai suatu makanan. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal sains, Food Quality and Preference," jelas tim peneliti dikutip dari Express. 
(yyy)