COMMUNITY

6 Fakta Kucing Munchkin yang Imut dan Menggemaskan

Raka Lestari
Jumat 03 Desember 2021 / 16:05
Jakarta: Pernahkah kamu bertemu kucing Munchkin? Siluetnya yang seperti Dachshund, telinga berbentuk segitiga, dan matanya yang besar telah memikat hati para pencinta kucing dari berbagai negara.

Namun kucing jenis ini juga tak lepas dari kontroversi, karena kakinya yang pendek tersebut dianggap bisa mengganggu kesehatan mereka. Dilansir dari Catster, berikut ini adalah fakta-fakta mengenai kucing Munchkin:
 

1. Memiliki kaki yang pendek


Kucing Munchkin adalah kucing berukuran sedang yang menyerupai banyak kucing lain, kecuali satu sifat yang sangat tidak dapat diabaikan, yaitu kaki yang pendek dan tubuh yang gemuk. Kaki yang pendek ini, dihasilkan dari adanya mutasi genetik.
 

2. Tidak jauh berbeda dari kucing lain


Para ahli memperkirakan bahwa kucing Munchkin kemungkinan tidak berbeda jauh dari kucing-kucing lain pada umumnya. Selain dari kakinya yang pendek dan gemuk, disebabkan pula oleh gen autosomal dominan yang menyebabkan kaki kucing tumbuh pendek, kenyataannya tidak ada perbedaan antara kucing Munchkin dengan kucing rumahan lain.
 

3. Memiliki lompatan yang pendek


Kucing Munchkin bisa melompat tetapi hanya sampai batas tertentu. Kucing ini kemungkinan besar tidak bisa melompat dari tempat tidur ke lemari. Akan tetapi, mereka masih bisa melompat ke meja dapur terutama jika mereka merasa terdesak.
 

4. Meskipun memiliki kaki pendek, mereka bergerak cukup cepat


Kekuatan utama dari kucing Munchkin adalah kecepatan mereka. Kucing ini memiliki jumlah energi yang sangat besar dan bakat untuk kecepatan dan kelincahan. Mereka juga bisa melakukan berbagai manuver-manuver ketika sedang berlari.
 

5. Suka bercengkrama


Kucing Munchkin sangat membutuhkan teman. Mulai dari anak-anak, anjing, hewan lain, orang asing, mereka suka dengan keramaian. Mereka hidup untuk mengejar atau berburu tikus, tetapi tidak akan pernah menolak tawaran pangkuan hangat untuk dipeluk.
 

6. Selalu penasaran


Kucing pada umumnya memang terkenal dengan sifatnya yang selalu penasaran. Akan tetapi kucing Munchkin memiliki rasa ingin tahu yang sangat berbeda.

Dia dapat, dan akan, menjelajahi setiap sudut, bagian, dan celah tempat tinggalmu lebih dari sekali. Dan kemungkinan mencuri sesuatu yang menarik buat mereka.
(FIR)