COMMUNITY

Ketika Harus Berbagi Makanan dengan Si Mpus

Mia Vale
Minggu 31 Oktober 2021 / 09:00
Jakarta: Ada saatnya kala kita sedang makan, si meong duduk dengan manisnya. Sambil menatap penuh harap, seakan ingin ikut menikmati apa yang kita makan. Tapi, boleh enggak, sih?

Sebenarnya, memberi makanan atau camilan dari piring kita sesekali boleh kok. Bahkan beberapa bahan makanan kita sebenarnya bisa baik untuk mereka. Hanya perlu tahu bagaimana memilih makanan ringan yang ramah kucing dengan nutrisi yang dibutuhkan.

Nah, sesuai yang sudah dilansir dari Pets WebMD, yuk cari tahu, apa saja makanan manusia yang boleh untuk si kucing. 
 

Daging 


Kucing juga pemakan daging. Mereka harus memiliki protein dari daging untuk jantung yang kuat, penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat. Daging sapi yang dimasak, ayam, kalkun, dan sejumlah kecil daging tanpa lemak adalah cara yang bagus untuk memberi mereka itu. Tapi, jangan beri mereka daging mentah atau busuk. Bisa membuatnya sakit. 
 

Gandum utuh


Oat memiliki banyak protein per kalori, dan mudah dibuat. Kamu dapat mencoba beras merah, barley, dan buah beri gandum, tetapi kamu mungkin perlu menumbuknya terlebih dulu. Kucing cenderung menyukai biji-bijian yang lebih kecil seperti millet dan couscous. Pastikan biji-bijian yang diberikan sudah matang sehingga kucing dapat mencerna sepenuhnya. 


makanan kucing
(Beberapa jenis ikan yang bagus untuk kucing antara lain salmon, trout, herring, makarel, tuna, dan whitefish. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Ikan 


Ikan memiliki banyak asam lemak omega-3, yang membantu mata kucing Anda tetap tajam serta membantu radang sendi, penyakit ginjal, dan gangguan jantung. Ikan kalengan atau ikan yang dimasak baik-baik saja untuk camilan. Tapi ikan mentah bukanlah ide yang bagus. Jadi jamgan berbagi sushi, ya.
 

Telur 


Telur adalah sumber protein super lain untuk kucing. Tapi pastikan mereka dimasak. Seperti daging dan ikan mentah, telur mentah dapat membahayakan kucing. 
 

Sayuran 


Tidak semua kucing menyukai sayuran, dan bahkan lebih sedikit yang menyukai buah-buahan (kucing tidak bisa merasakan rasa manis). Tapi mereka adalah sumber yang kaya vitamin, dan mereka sarat dengan serat dan air untuk membantu pencernaan. Cobalah mentimun segar atau melon, brokoli kukus, atau asparagus. 
 

Keju 


Keju adalah camilan berprotein tinggi yang baik untuk kucing, dalam jumlah kecil. Namun protein dalam keju kurang "lengkap" dibandingkan jenis pada daging, ikan, dan telur. Selain itu, banyak perut kucing yang tidak tahan dengan susu, jadi makanlah makanan keju dengan mudah, dan lewati piring susu.

Tentu saja, setiap dan semua makanan ini harus diberikan sesekali sebagai bagian dari diet seimbang. Bicaralah dengan dokter hewan tentang makanan terbaik untuk memberi makan kucing setiap hari.
(TIN)