FITNESS & HEALTH

Memelihara Kucing Dapat Meredakan Stres

Raka Lestari
Sabtu 21 Agustus 2021 / 14:27
Jakarta: Kucing merupakan salah satu binatang yang menjadi favorit bagi banyak orang. Dengan tingkah lakunya yang menggemaskan, tak jarang orang memilih kucing untuk dijadikan hewan peliharaan. Dan ternyata, sebuah studi menemukan bahwa memelihara kucing sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membantumu dalam mengurangi tingkat stres.

Menurut Medical News Today, para peneliti mengumpulkan data dari 4.000 orang lebih yang berusia sekitar 30 - 75 tahun selama 10 tahun. Sekitar setengah dari peserta adalah pemilik kucing atau pernah memiliki kucing, sementara separuh lainnya tidak pernah memiliki kucing sama sekali.

Setelah menganalisis data, para peneliti menemukan bahwa pemilik kucing, secara keseluruhan, memiliki risiko 30 persen lebih rendah untuk meninggal akibat serangan jantung atau stroke, dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kucing. Bahkan ketika memperhitungkan dengan faktor-faktor lainnya seperti merokok, diabetes, jantung. kesehatan, dan kadar kolesterol.

Profesor Adnan Qureshi, seorang peneliti dari University of Minnesota yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan kepada The Telegraph bahwa ia dan timnya cukup terkejut oleh angka-angka dalam temuan mereka.

Namun, Adnan mengatakan 'penjelasan logis' untuk hasil tersebut kemungkinan karena memelihara kucing dapat meredakan stres dan kecemasan yang kemudian dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Ia juga menambahkan bahwa membelai hewan peliharaan bisa mengurangi tingkat hormon yang berhubungan dengan stres dalam darah.

Plus, menurut Chelsea Hudson, seorang terapis di Cityscape Counseling di Chicago, membelai kucing tidak hanya secara biologis menenangkan sistem saraf pada tubuh.

"Berinteraksi dengan kucing peliharaanmu dapat memicu koneksi yang kuat, yang dapat menurunkan stres karena koneksi intim membuat seseorang tidak merasa sendirian dan lebih mampu mengatasi stres," tutupnya.
(FIR)