BEAUTY

Ladies, Begini Caranya Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Yuni Yuli Yanti
Rabu 09 Februari 2022 / 10:12
Jakarta: Kulit merupakan organ tubuh paling penting dan paling luas, sehingga ia bertugas sebagai pelindung tubuh yang paling utama. Sementara, skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, maupun patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. 

Tidak hanya itu, skin barrier memiliki peranan yang penting dalam membantu menjaga kelembapan alami serta kesehatan kulit. Jika fungsi skin barrier terganggu, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin. 

Dr. Kardiana Dewi, SpKK, Dermatovenerologistciri-ciri kerusakan skin barrier yang mungkin tidak disadari sebelumnya, antara lain kulit kering, gatal, dan kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif. Kondisi kulit seperti ini dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari. Seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat misalnya. 

"Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak caranya dengan menerapkan perawatan kulit wajah yang tepat dan bisa dimulai dengan perawatan kulit sederhana seperti mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok dengan kondisi kulit wajah kita. Lalu, gunakan pelembap yang mengandung senyawa yang bisa mengatasi kulit kering, membantu meregenerasi sel dan juga menutrisi kulit. Bahan yang saat ini banyak digunakan diantaranya adalah kandungan Ceramide, Niacinamide, dan Vitamin C. Tentunya di samping itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan skincare tersebut juga harus dilakukan secara rutin," jelas dr. Kardiana .


(Dr. Kardiana saat menjelaskan tentang skin barrier dalam acara Marina Expert White & Glow Virtual Conference, Selasa, 8 Februari 2022)


Lebih lanjut, dr. Kardiana mengingatkan pentingnya menjaga skin barrier dengan perawatan yang teratur agar fungsinya optimal. Selain dilakukan secara rutin, produk yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis kulit. Untuk memperbaiki skin barrier yang rusak sebaiknya gunakan bahan aktif dengan kandungan Niacinamide. 

"Niacinamide dikenal karena kemampuannya sebagai pendukung skin-barrier karena dapat membantu mengurangi inflamasi, meningkatkan kelembaban dan ketahanan kulit, memperbaiki warna kulit yang tidak rata atau kusam, dengan mengurangi pembentukan Melanin, dan menstimulasi regenerasi sel kulit baru," pungkas dr. Kardiana. 
(yyy)