FITNESS & HEALTH

Mengatasi Sakit Tenggorokan, Cukup dengan Minum Teh

Raka Lestari
Sabtu 16 April 2022 / 18:15
Jakarta: Sakit tenggorokan tentunya membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Selain itu, sakit tenggorokan juga dapat menyebabkan kesulitan menelan dan terasa seperti tenggorokan seperti sedang mengalami luka. Untuk mengatasinya, ada cara alami yang bisa dilakukan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan tertentu.

“Untuk batuk dan sakit tenggorokan, secangkir teh yang hangat cenderung dapat membantu meringankan sakit tenggorokan secara cepat,” ujar Diane McKay, seorang peneliti di Tufts University.

Dan untuk lebih spesifik, Robert Glatter, dokter ruang gawat darurat di New York mengatakan, penelitian menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau yang mengandung efek anti-inflamasi dapat membantu mengurangi pembengkakan jaringan di tenggorokan.

“Selain teh hijau, kamu juga bisa mendapatkan efek yang sama dari mengonsumsi teh mint karena mengandung mentol yang merupakan senyawa dengan efek untuk meredakan peradangan,” tambah Glatter.

Jika kamu tidak menyukai teh hijau atau mint, atau tidak terlalu menyukai efek mentol pada teh mint yang cenderung membuat kering, maka kamu bisa mencoba teh lemon.

“Teh lemon bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan dan batuk karena teh lemon mengandung vitamin C. Ini dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dan untuk mengatasi rasa pahit pada lemon, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya,” ujar Yeral Patel, dokter kedokteran fungsional bersertifikat.

Teh kunyit juga dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Teh kunyit sangat ideal untuk radang tenggorokan karena kunyit memiliki sifat anti virus, anti bakteri, dan yang terpenting, sifat anti radang, yang membantu menenangkan tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Patel juga menyarankan bisa menyeduhnya dengan kantong teh yang sudah terisi kunyit. Atau cukup gunakan kunyit yang sama yang biasanya digunakan untuk memasak lalu merebusnya dalam air lalu ditiriskan sebelum diminum.
(FIR)