FITNESS & HEALTH

5 Sumber dan Manfaat Vitamin B2 atau Riboflavin

Mia Vale
Kamis 28 April 2022 / 10:05
Jakarta: Vitamin B2 atau riboflavin adalah salah satu dari delapan vitamin B yang penting untuk kesehatan manusia. Vitamin B2 adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga dibawa melalui aliran darah, dan apa pun yang tidak diperlukan dikeluarkan dari tubuh dalam urine.

Tubuh kita hanya dapat menyimpan dalam jumlah kecil dan persediaannya turin dengan cepat. Itulah mengapa orang perlu mengonsumsi vitamin B2 setiap hari. Vitamin ini sangat penting untuk memecah komponen makanan, menyerap nutrisi lain, dan memelihara jaringan. 

Sehingga memainkan peran penting dalam menjaga pasokan energi tubuh. Riboflavin membantu mengubah karbohidrat menjadi adenosin trifosfat (ATP). 


Vitamin B2 berasal dari
(Produk kedelai tahu, tempe dan susu kedelai juga bisa dipilih sebagai sumber makanan tinggi vitamin B2. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Manfaat vitamin B2


Seiring dengan vitamin A, vitamin B sangat penting untuk: 

- Menjaga selaput lendir dalam sistem pencernaan Menjaga kesehatan hati 
- Mengubah triptofan menjadi niasin, asam amino
?- Menjaga kesehatan mata, syaraf, otot dan kulit 
- ?Menyerap dan mengaktifkan zat besi, asam folat, dan vitamin B1, B3 dan B6 
- Produksi hormon oleh kelenjar adrenal
- Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B2 dapat membantu mencegah katarak dan sakit kepala migrain, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini 

Penelitian lain menemukan bahwa pada anak autisme, suplemen vitamin B2, B6, dan magnesium tampaknya mengurangi kadar asam organik abnormal dalam urine.
 

Sumber vitamin B2


Vitamin B2 berasal dari makanan. Berikut adalah lima makanan yang bisa dijadikan sumber ribolflavin atau vitamin B2, yang telah dilansir dari Medical News Today.

Bayam. Secangkir bayam yang sudah dimasak mengandung 0,4 miligram atau 25 persen dari angka kebutuhan vitamin B12 tubuh. Oleh karena itu, bayam membantu tubuh memenuhi angka kebutuhan riboflavin. 

1. Ikan salmon. Selain kaya protein dan asam lemak Omega-3, ikan salmon juga termasuk makanan yang mengandung vitamin B2 tinggi. Dalam 100 gram bahan, ikan salmon bisa mengandung 0,5 mg vitamin B2 atau 37 persen dari kebutuhan vitamin B2 harian yang dianjurkan untuk orang dewasa

2. Produk susu. Secangkir susu atau yoghurt mengandung berkisar sepertiga riboflavin dan ini yang perlu dikonsumsi dalam sehari. Mengonsumsi susu biasa atau smoothie, susu, dan yogurt adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kalsium dan protein pada saat yang bersamaan

3. Tahu. Dalam 100 gram bahan, tahu yang telah melewati proses fortivikasi berbagai nutrisi bisa mengandung 0,4 gram vitamin B2 atau 34 persen dari kebutuhan vitamin B2 harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Produk kedelai lainnya, seperti susu kedelai dan tempe juga bisa dipilih sebagai sumber makanan tinggi vitamin B2

?4. Jamur. Jamur tiram misalnya. Dalam 100 gram bahan, jamur ini dilaporkan bisa menyediakan 0,5 mg vitamin B2 atau 36 persen dari kebutuhan vitamin B2 harian yang dianjurkan untuk orang dewasa.

Ingat, ekstrak ragi vitamin B2 larut dalam air, sehingga memasak makanan dapat menyebabkannya hilang. Berkisar dua kali lebih banyak B2 hilang melalui perebusan seperti melalui pengukusan atau microwave.

(TIN)