FAMILY

Buah dan Sayuran yang Boleh dan Tak Boleh Disimpan dalam Kulkas

Mia Vale
Kamis 31 Maret 2022 / 11:05
Jakarta: Buah-buahan dan sayuran segar bergizi dan lezat, baik ditanam sendiri atau dibeli, mereka juga mudah rusak. Mengetahui cara menyimpan produk dengan benar akan memperpanjang masa pakainya.

Beberapa buah harus didinginkan sekaligus, tetapi yang lain mungkin tidak matang dalam cuaca dingin dan sebaiknya disimpan di atas meja, lalu didinginkan. Begitu pun dengan sayuran, ada yang harus tetap dingin, ada yang harus disimpan di tempat sejuk. 

Memang, buah dan sayuran bisa awet selama didinginkan karena kulkas menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri dan mikroba. Perlu diketahui, bakteri dan mikroba yang dapat mempercepat pembusukan pada buah dan sayuran lebih suka hidup di suhu 37 derajat Celsius. 

Nah, kini saatnya kamu memeriksa, apakah cara menyimpan buah dan sayuran di rumah sudah benar?


buah ada yang boleh dan tak boleh disimpan dalam kulkas
(Buah pepaya akan matang bila dibiarkan di luar wadah dan tak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

1. Jangan simpan buah ini di kulkas


Sebagaimana melansir dari keterangan dalam laman Martha Stewart, beberapa buah berikut akan matang bila dibiarkan di luar wadah. Misal: aprikot, pir Asia, alpukat, pisang, jambu biji, kiwi, mangga, melon.

Selain itu nektarin, pepaya, markisa, pepaya, persik, pir, kesemek, nanas, pisang raja, plum, belimbing, sirsak, dan quince. Saat matang sempurna, mereka dapat didinginkan selama beberapa hari untuk memperpanjang kegunaannya sedikit lebih lama. 
 

2. Sayuran yang tidak boleh di kulkas


Sedangkan sayuran yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, seperti bawang putih dan bawang bombai yang masih ada kulitnya. Keduanya lebih baik disimpan di suhu ruang. Bila sudah dikupas atau dipotong, baru simpan di lemari es. 

Dan sebaiknya jauhkan bawang putih dan bawang bombai dari kentang. Pasalnya kentang bisa mengeluarkan etilen yang dapat menyebabkan bawang tumbuh.

Kentang, talas, ubi jalar, singkong, dan ubi kayu juga sebaiknya tidak didinginkan di dalam kulkas. Jangan menyimpan umbi-umbian tersebut ke dalam plastik sebab uap air akan menumpuk dan mengakibatkan timbulnya jamur dan kerusakan. 

Umbi-umbian ini cukup disimpan di tempat yang sejuk, gelap, luas, atau ditumpuk sedikit longgar di mangkuk atau wadah lainnya. Begitu juga dengan tomat, simpanlah di suhu ruang. Karena bila mendinginkan sayuran ini dapat menurunkan rasanya. 
 

3. Simpan di dalam kulkas


Untuk pengaturan dan pengawetan makanan yang lebih baik di lemari es, gunakan kantong plastik terpisah yang dapat digunakan kembali, atau lebih baik lagi, wadah plastik bertutup atau wadah baja tahan karat ringan. 

Khusus untuk apel, beri, dan jeruk, kita cukup memasukkannya ke dalam kulkas tanpa memerlukan kantong atau wadah. Buah lainnya yang dapat didinginkan di dalam kulkas, antara lain buah ara, kelengkeng, leci, manggis, dan delima.

Berbeda dengan beberapa jenis buah yang perlu dimasukkan ke dalam wadah selama disimpan di kulkas, perawatan sayuran justru lebih mudah.

Sebagian besar sayuran bertahan lebih lama bila disimpan dalam suhu yang rendah. Sayuran yang boleh kita simpan di dalam kulkas, di antaranya, asparagus, kacang-kacangan, brokoli, mentimun, wortel, kubis, brokoli, daun bawang, seledri, kembang kol, jagung, cabai, lobak, sayuran hijau, jamur, paprika, bayam, dan kecambah.

(TIN)