YOUR FASHION

5 Manfaat Mengenakan Pakaian Linen

Kumara Anggita
Senin 21 Juni 2021 / 13:06
Jakarta: Linen adalah bahan yang cukup sering digunakan akhir-akhir ini. Selain karena indah dan nyaman, ternyata bahan pakaian ini juga memiliki manfaat lain yang perlu dipertimbangkan untuk kamu kenakan sehari-hari. 


Melansir Magic Line, berikut manfaat mengenakan pakaian linen yang perlu kamu ketahui: 

 

1. Tahan lama


Linen dikenal sebagai serat alami terkuat di dunia dan jauh lebih tahan lama daripada kapas. Kekuatan serat secara langsung berkontribusi pada kekuatan kain yang terbuat dari garmen. Dengan demikian, pakaian linen sangat tahan lama.

Pakaian linen tidak akan kehilangan bentuknya setelah dicuci, jika ada, mereka akan menjadi lebih lembut dan lebih menyenangkan bagi kulit seiring waktu.

 

2. Mudah dirawat


Kain linen dapat dicuci dengan mesin namun yang perlu ingat bahwa kamu perlu menggunakan air dingin dan tidak menggunakan pemutih atau detergen dengan pemutih optik, karena bahan tersebut cenderung melemahkan serat. Kamu dapat mengeringkan pakaian linen atau menggantungnya agar kering secara alami.

Hal baik lainnya tentang pakaian linen adalah tidak perlu disetrika agar terlihat bagus. Linen memiliki kerutan dan kerutan itu adalah bagian dari keindahannya. Katun atau sutra yang kusut akan terlihat berantakan, sedangkan kain linen akan bersinar dengan segala kemegahannya.



(Pakaian linen tidak akan kehilangan bentuknya setelah dicuci, jika ada, mereka akan menjadi lebih lembut dan lebih menyenangkan bagi kulit seiring waktu. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Hipoalergenik


Banyak orang menderita alergi dengan berbagai kondisi kulit dan mereka mungkin menyadari bahwa jenis kain tertentu sering menjadi gejalanya. Itu karena banyak kain memungkinkan kelembapan menumpuk, yang kemudian menjadi ekosistem sempurna bagi bakteri dan mikroba untuk berkembang biak.

Dengan kain linen, risiko alergi kamu bisa berkurang. Linen memudahkan kulitmu bernapas, memungkinkan udara bergerak bebas dan dengan demikian, melepaskan kelembapan dengan sangat cepat.

 

4. Cocok untuk setiap musim


Pakaian linen sangat cocok untuk musim panas karena ringan, membuat kulit bisa bernapas, menyerap kelembapan. Akan tetapi, kain ini juga cocok di musim lainnya bahkan musim dingin. Intinya, pakaian linen cocok dikenakan di segala musim. 

 

5. Nyaman


Karena linen ringan, menyerap kelembapan, dan bisa mengatur suhu, sehingga linen menjadi pakaian yang nyaman untuk digunakan. Pakaian linen juga biasanya dirancang untuk longgar sehingga cocok untuk orang-orang dari segala usia dan ukuran.
(yyy)