BEAUTY

Suka Makanan Bersantan? Ini Caranya Menjaga Kulit agar Tetap Sehat

Yuni Yuli Yanti
Rabu 04 Mei 2022 / 10:00
Jakarta: Makanan bersantan sering kali dianggap buruk karena dapat memengaruhi kesehatan. Mulai dari menyebabkan kolesterol, asam urat hingga memengaruhi kesehatan kulit lho!

Namun, kamu tak perlu terlalu khawatir karena ada berbagai cara tepat untuk menanganinya.

Menurut Dr. Juliana Yu, MD.H, NH. Cosmetologist, Dermatologist, Nutritionist. CIBTAC, BABTAC, IPTI, ITAC, CIDESCO Dipl, saat mengonsumsi makanan bersantan kamu harus memiliki pemikiran yang sama, yaitu seimbangkan dengan mengonsumsi sayur untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat.

"Santan ada minyak pasti akan memperbanyak kelenjar minyak pada kulit kita. Maka dari itu, langkah yang sebaiknya kamu lakukan ialah membersihkan wajah dengan sabun cuci wajah. Kemudian, ketika wajah mengering, perhatikan apakah ada muncul komedo di sekitar wajahmu," tuturnya.  

Selain itu, dr. Juliana juga menegaskan bahwa memiliki kulit yang sehat itu caranya mudah kok. "Caranya yaitu dengan menyayangi tubuh karena telah memberikan sesuatu pada kita. Jadi kita senang menjalaninya. Kalau pilih gorengan jangan takut kulit enggak sehat, tapi belilah buah dahulu," saran founder dari House of Skinovation, Herbal Skin & Body Wellness Center.


(Setelah kamu mengonsumsi makanan bersantan, seimbangkan dengan makan buah-buahan ya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Menurutnya, meskipun makan gorengan atau makanan bersantan bisa membuat wajah menjadi berminyak, namun tidak ada larangan dalam mengonsumsinya. Hal yang perlu ditekankan ialah kebutuhan yang baik untuk tubuh kita tidaklah sulit memenuhinya. 

Boleh makan gorengan, namun tidak berlebihan. Seimbangkan dengan makan buah-buahan, tentunya tidak perlu buah yang harganya mahal.

"Hari ini pepaya, besok pisang, besoknya lagi beda enggak apa-apa. Tapi idealnya lima warna buah di piring kita, misalnya pepaya, jambu, nanas, timun. Harus ada lima itu supaya harmoni di tubuh kita," tutup dr. Juliana. 
(yyy)