FITNESS & HEALTH

Sudah Punya Resolusi 2022? Ini Cara Agar Konsisten Mewujudkannya

Sri Yanti Nainggolan
Jumat 31 Desember 2021 / 17:29
Jakarta: Menjelang tahun baru, kebanyakan orang yang sudah membuat resolusi 2022. Namun, tak sedikit yang gagal melaksanakannya di awal tahun. 

Namun, bukan berarti resolusi 2022 akan gagal meskipun Anda sudah malas menjalankannya di awal tahun. Dilansir dari WebMD, jika Anda merasa melakukan hal-hal yang mengacaukan resolusi, masih ada kesempatan lain memperbaikinya dalam beberapa hari ke depan. 

Cobalah sistem "Pengaturan Ulang di hari Senin" untuk menjalankan resolusi 2022. Misalnya, untuk resolusi menjalankan gaya hidup sehat, Anda hanya mempertahankan pola hidup sehat selama sepekan. 

Ilustrasi resolusi 2022. Foto: Freepik
Ilustrasi resolusi 2022. Foto: Freepik

Direktur pelaksana The Monday Campaigns (Kampanye Senin), Ron Hernandez, menyebutkan bahwa orang cenderung memilih satu hari dalam setahun untuk memulai perubahan. Jika gagal melakukannya, orang merasa akan menundanya hingga tahun depan. 

"Tetapi jika memulai di hari Senin, Anda memiliki 52 peluang dalam setahun. Jika gagal dalam satu minggu, selalu ada peluang lain, jadi Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk melakukan perubahan," beber Ron. 

"Setiap memasuki hari Senin, integrasikan dalam diri Anda, 'Saya akan membuat pilihan yang lebih baik'," tambahnya.

Baca: 3 Alasan Resolusi Tahun Baru Sering Gagal Beserta Solusinya

Sebuah studi yang dilakukan dengan Sekolah Kesehatan Publik Johns Hopkins Bloomberg menemukan bahwa orang sering menggambarkan hari Senin sebagai hari mereka mencari informasi kesehatan. 

"Senin menjadi isyarat, dan jika Anda memulai pekan dengan baik, Anda lebih mungkin untuk melakukannya selama sisa pekan ini," katanya.
 
 

Kampanye Senin membuat resolusi 2022 bisa konsisten

Ahli gizi Samantha Heller mengatakan gagasan menyegarkan tujuan resolusi tiap pekan lebih realistis, lebih dapat dicapai, dan tidak terlalu menakutkan daripada resolusi selama setahun.

"Anda dapat menggunakan hari Senin untuk berefleksi dan belajar. Jika tujuan saya adalah makan sayur di waktu makan siang setiap hari, bagaimana saya melakukannya? Jika saya dapat melakukannya selama tiga hari bagaimana melakukannya agar lebih baik," tutur Heller.

Perubahan yang sukses membutuhkan perencanaan matang. Jika ingin makan lebih sehat setiap hari, rencanakan waktu berbelanja dan menyiapkan makan siang Anda. 

Baca: 3 Mindset Sederhana untuk Sambut Tahun Baru dengan Semangat Positif

"Belajar membuat rencana dan sisihkan waktu untuk mencapai tujuan Anda," simpul Heller.

Jika tidak mencapai tujuan Anda pekan ini, evaluasi yang terjadi dan mulai lagi di hari Senin berikutnya. Heller menekankan penting untuk bersikap baik kepada diri sendiri jika Anda melanggar.

"Gunakan hari Senin untuk menilai kembali, belajar, dan mulai melakukan sesuatu untuk menjadi orang yang bahagia dan sehat," tambah Heller.
(SYN)