FITNESS & HEALTH

Asam Lambung Naik Setelah Buka Puasa? Hindari 4 Makanan Ini!

Mia Vale
Minggu 17 April 2022 / 10:00
Jakarta: Menjelang berbuka puasa, biasanya orang akan menyiapkan segala macam makanan untuk disantap bersama keluarga atau orang tersayang. Makanan yang umumnya disajikan untuk berbuka puasa, seperti kolak, gorengan, kue kering, dan lain-lain. Tapi harus diingat, ada beberapa makanan yang bisa memicu asam lambung. 

Bagi pemilik riwayat asam lambung atau Gerd sebaiknya lebih waspada saat memilih menu buka puasa, agar tidak memicu peningkatan asam lambung. Melansir di laman News Delivers, ada makanan yang ternyata menjadi pemicu naiknya asam lambung. Apa saja makanan tersebut? 
 

Cokelat 


Biasanya sering dijumpai pada makanan penutup atau dessert. Hati-hati, cokelat bila dimakan langsung saat perut kosong, bisa berbahaya. Menurut penelitian, makan cokelat dapat meningkatkan asam lambung, karena mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Hal ini tentu berbahaya, terutama bagi penderita Gerd akut.


asam lambung naik setelah buka puasa
(Makanan yang diolah dengan cara digoreng dan mengandung lemak yang tinggi bisa menyebabkan sfingter esofagus melemah. Hal ini rentan membuat asam lambung naik. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Gorengan 


Merupakan salah satu makanan wajib untuk berbuka puasa. Rasanya yang enak dan gurih bisa menambah kenikmatan saat berbuka puasa. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa memicu peningkatan asam lambung. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi, bahkan melebihi asupan lemak harian yang direkomendasikan. Dan ini bisa memicu asam lambung. 
 

Makanan pedas 


Jenis makanan ini juga menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Hal ini dikarenakan berbuka puasa yang diawali dengan rasa pedas dapat menyebabkan sakit perut hingga mulas bahkan bisa mengakibatkan diare. 

Makanan pedas yang dikonsumsi saat perut kosong juga bisa menyebabkan cedera lambung. Sebagai gantinya, sediakan segelas susu atau minuman lain yang bisa menetralisir rasa pedas makanan. 
 

Makanan Asam 


Pada dasarnya, makan buah-buahan baik untuk kesehatan tubuh. Namun, buah-buahan tertentu dapat menyebabkan peningkatan asam lambung, misal, buah-buahan yang cenderung memiliki rasa asam.

Rasa asam yang terdapat pada buah-buahan menjadi pemicu peningkatan asam lambung pada seseorang, terutama saat perut kosong seperti saat berpuasa. Kalau kamu, biasanya menu buka puasa apa yang dikonsumsi? 

(TIN)