FITNESS & HEALTH

Cegah Kanker Payudara, Begini Caranya Lakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri

Yuni Yuli Yanti
Kamis 12 Mei 2022 / 13:18
Jakarta: Kesadaran akan kanker payudara sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan banyak orang saat ini, khususnya bagi para wanita. Pasalnya, tiap tahun kasus kanker payudara terus meningkat dan semakin mengkhawatirkan, terutama di negara-negara Asia. 

Berdasarkan hal itu, maka setiap orang perlu bahkan wajib melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri. Karena, pemeriksaan payudara sendiri membuat seseorang sadar akan setiap perubahan baru pada payudara untuk mengidentifikasi kanker payudara pada tahap awal. 

"Ini adalah alat skrining yang penting bila dikombinasikan dengan pemeriksaan fisik rutin oleh dokter dan mammogram rutin untuk mendeteksi tanda-tanda awal kanker payudara. Pemeriksaan ini juga diagnosis yang nyaman dan tanpa biaya yang dapat dilakukan secara teratur pada usia berapa pun," kata dr. Mandeep Singh Malhotra, Departemen Onkologi, Rumah Sakit CK Birla, Delhi dikutip dari HealthShots. 


(Pemeriksaan ini membantumu untuk mengetahui bagaimana payudara terlihat dan terasa normal dan kamu bisa segera berkonsultasi ke dokter jika menemukan adanya perubahan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Berikut lima cara melakukan pemeriksaan payudara sendiri:

1. Langkah pertama, kamu harus melihat payudaranya dengan berdiri di depan cermin dengan bahu lurus dan lengan di dekat pinggul. Hal-hal yang perlu diperhatikan selama pemeriksaan payudara sendiri adalah perubahan warna, tekstur kulit, perubahan ukuran, bentuk, dan kesimetrisan payudara.

2. Langkah kedua adalah mengangkat tangan dan mencari hal yang sama seperti yang disebutkan pada langkah pertama. Selain itu, cari juga keluarnya cairan dari puting.

3. Lalu, berbaring dan memeriksa payudara dengan merabanya dari depan ke belakang dan dengan gerakan melingkar untuk melihat adanya benjolan, atau nyeri saat ditekan. 

4. Pemeriksaan yang sama harus diulang dalam posisi duduk juga.

5. Jika kamu melihat atau merasakan adanya benjolan, ingat tidak perlu panik karena kebanyakan wanita memiliki benjolan di payudara tetapi seharusnya tidak terasa sakit. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.
(yyy)