FITNESS & HEALTH

Manfaat Kol untuk Kesehatan, Menurut Ahli Gizi

Kumara Anggita
Senin 29 Maret 2021 / 06:42
Jakarta: Selain brokoli dan bayam, kamu juga perlu makan sayuran sehat lainnya seperti kol. Sayuran yang satu ini mudah dimasak dan juga memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Mengutip dari Health, Maxine Smith, ahli diet terdaftar di Cleveland Clinic's Center for Human Nutrition menyebutkan bahwa cara terbaik untuk mengolah kol adalah memasaknya dengan cepat. Cara ini akan mempertahankan nutrisi-nutrisi yang tubuhmu butuhkan.

“Kamu ingin menghindari metode memasak yang lama dan merebus," kata Smith.

Menurutnya cara-cara tersebut dapat merampas nutrisi makanan. Sebaliknya, tetap gunakan metode memasak yang lebih cepat, seperti menumis atau memotong sayuran dan memakannya segar dalam bentuk salad.

Ahli Gizi juga mengatakan bahwa ada beberapa manfaat menakjubkan yang diberikan kol seperti:
 

1. Kaya vitamin C


Jeruk bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin C, kol juga dapat memberikan nutrisi ini dalam jumlah besar!

"Kubis mengandung antioksidan vitamin C yang tinggi, khususnya menyediakan 70% dari RDA (tunjangan diet yang direkomendasikan),” ujar Keri Gans, RDN yang berbasis di New York.

Memastikan kamu mendapatkan cukup vitamin C setiap hari itu penting, karena tubuh kita tidak membuat vitamin secara alami. Menurut Office of Dietary Supplements (ODS) vitamin C membantu tubuhmu menyerap zat besi dari makanan nabati yang kamu makan, membuat kolagen untuk membantu menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan untuk membantu melindungimu dari penyakit.

"Keluarga kol telah dikaitkan dengan manfaat kekebalan sehingga membantu sel kita menyerang penyerang seperti virus," kata Smith.
 

2. Membantu meningkatkan kesehatan tulang


“Kol mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi pembekuan darah yang sehat dalam tubuh. Sebab kol mengandung vitamin K,” kata Gans.

Menurut USDA, ada sekitar 68 mikrogram vitamin K dalam satu cangkir kol yang dimasak. Terlalu sedikit vitamin dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan tulang, peningkatan risiko terkena osteoporosis, dan dalam keadaan yang jarang terjadi, masalah memar serta perdarahan.
 

3. Bagus untuk jantung


Kamu mungkin tidak langsung menganggap kol sebagai makanan yang menyehatkan jantung, tetapi kamu mungkin ingin menambahkannya ke dalam makananmu, jika mencoba untuk lebih sadar akan kesehatan.

"Kol adalah sayuran silangan dan telah terbukti memiliki manfaat anti-inflamasi. Oleh karena itu direkomendasikan bagi mereka yang berisiko terkena penyakit jantung," kata Gans.

Menurut sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, perempuan yang makan lebih banyak sayuran silangan seperti kol 46%, lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki sesuatu yang dikenal sebagai kalsifikasi aorta abdominalis, sehingga berisiko menjadi prediktor kardiovaskular di masa mendatang.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa, makan lebih banyak sayuran silangan dapat melindungi dari penumpukan kalsium. Pada akhirnya bermanfaat bagi kesehatan jantung.
(FIR)