FITNESS & HEALTH

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan, Salah satunya Mencegah Degenerasi Makula

Raka Lestari
Kamis 21 April 2022 / 07:00
Jakarta: Mangga merupakan salah satu buah yang sangat populer. Dengan rasa yang manis dan tekstur creamy, buah berbiji ini menjadi favoritnya kebanyakan orang.  Istimewanya, di berbagai belahan dunia, mangga ternyata memiliki beragam variasi warna, bentuk, rasa, dan ukuran bijinya. Selain itu, buah ini juga memiliki potensi manfaat untuk kesehatan lho!

Berikut ini beberapa manfaat mangga untuk kesehatan yang dilansir dari Medical News Today!
 

Baca: 7 Manfaat Mangga untuk Kesehatanmu

 

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan:

 

Degenerasi makula yang berkaitan dengan usia

Mangga mengandung antioksidan yang disebut zeaxanthin. Sebuah tinjauan pada tahun 2019 menemukan bahwa zeaxanthin berperan untuk melindungi kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula (gangguan penglihatan yang akan semakin memburuk seiring dengan bertambahnya usia).

 

Kanker 

Sebuah studi pada tahun 2014 di Jepang menemukan bahwa buah dan sayur yang mengandung karotenoid seperti mangga dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Selain itu, Skin Cancer Foundation juga menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi akan betakaroten dapat membantu melawan kanker kulit. Nah, buah dan sayur berwarna cerah, seperti mangga mengandung betakaroten.


(Dengan rasa yang manis dan tekstur creamy, buah berbiji ini menjadi favoritnya kebanyakan orang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Penyakit jantung 

Kandungan serat, potasium, dan vitamin yang terdapat pada mangga dapat membantu menjaga arteri bekerja dengan baik dan mengurangi risiko untuk sakit jantung. Meningkatkan asupan potasium dan menurunkan sodium dalam makanan merupakan hal yang penting untuk mengurangi risiko tekanan darah pada seseorang.

 

Kulit dan rambut

Mangga juga dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut, karena mangga mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat membantu kulit untuk membantu pembentukan sebum, yang dapat melembapkan rambut. Vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan seluruh jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.
(yyy)