FAMILY

Dilakukan Luna Maya, Ini Manfaat Pembekuan Sel Telur

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 18 Januari 2022 / 16:28
Jakarta: Luna Maya melakukan pembekuan sel telur. Inilah yang membuat dirinya tak buru-buru menikah meski usia terus bertambah. 

"Tapi aku udah freeze egg dan aku pikir dengan teknologi, dengan pola hidup aku, aku cukup sehat untuk usia aku dan masih punya energi itu," terang Luna Maya dalam Youtube Venna Melinda Channel dikutip Selasa, 18 Januari 2022. 
 

Pengertian pembekuan sel telur

Dilansir dari Alodokter, pembekuan sel telur atau oocyte cryopreservation adalah prosedur pengambilan sel telur wanita dari rahim. Sel telur itu akan dibekukan dan disimpan di laboratorium.

Ketika pemilik sel telur sudah berencana untuk hamil, sel telur tersebut bisa dicairkan kembali dan dibuahi untuk kemudian ditanam di dalam rahim wanita. 

Luna Maya lakukan pembekuan sel telur. (Foto: instagram)
Luna Maya lakukan pembekuan sel telur. (Foto: instagram)?
 

Manfaat pembekuan sel telur

Berikut beberapa manfaat pembekuan sel telur yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Alodokter. 

1. Pembekuan sel telur meningkatkan peluang hamil

Peluang hamil bagi wanita yang membekukan sel telurnya adalah sekitar 30-60 persen. Namun, hal ini tergantung pada kualitas sel telur dan usia wanita ketika menjalani prosedur pembekuan sel telur. 

Secara umum, prosedur pembekuan sel telur lebih baik dilakukan saat berusia awal usia 20 atau 30. 

2. Pembekuan sel telur memperpanjang masa subur

Berbeda dengan pria, masa subur wanita sangat terbatas. Kesuburan wanita akan mulai mengalami penurunan pada usia 30-an. Pada kisaran usia ini, risiko keguguran dan kelainan bawaan pada bayi akan meningkat.

Pembekuan sel telur dapat dianggap sebagai cara memperpanjang masa subur wanita mengingat sel telur seorang wanita di kisaran usia subur diambil dan disimpan untuk dimanfaatkan di masa depan.

Baca: Mengenal Program Egg Freezing yang Dilakukan Luna Maya

Selain itu, pembekuan sel telur juga dapat dilakukan sebagai alternatif untuk mendapatkan momongan bagi pasangan yang tidak ingin melakukan program bayi tabung.

3. Pembekuan sel telur membantu penderita kanker

Bagi wanita penderita kanker, metode pembekuan sel telur bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kemungkinan hamil di kemudian hari. Pasalnya, pengobatan kanker, seperti radioterapi, kemoterapi, dan operasi; umumnya mengganggu fungsi organ reproduksi dan tingkat kesuburan wanita.

Selain itu, pengobatan kanker juga berisiko mengganggu produksi sel telur pada ovarium dan merusak dinding rahim. Bahkan, terdapat kemungkinan untuk melakukan tindakan operasi pengangkatan rahim pada penanganan kanker rahim. 
(SYN)