KULINER

Puding Pandan Susu, Mudah Dibuatnya Cukup dari Agar-agar

Mia Vale
Selasa 19 April 2022 / 07:05
Jakarta: Agar-agar memang menjadi santapan camilan yang tak pernah lekang oleh waktu. Bahkan kreasi agar-agar bisa dijadikan puding dan disatukan dengan susu yang rasanya pasti enak.

Diukil dari Swallow-globe, agar-agar telah ditemukan sejak 350 tahun yang lalu. Awalnya agar-agar amat populer di Jepang, ketika pada masa itu seorang utusan dari China pada masa dinasti Tang membawa agar-agar ke Jepang. 

Panganan ini lantas populer dengan cepat. Di Jepang agar-agar disebut Kanten, yang ditulis dalam dua huruf kanji. Di Indonesia sendiri agar-agar mulai dikenal pasar sejak tahun 1971. 

Dan agar-agar juga rendah kalori yang dapat mencegah kenaikan berat badan berlebih. Jadi, apakah ENDEUSiast sudah siap untuk membuat resep puding pandan susu? Sontek saja caranya dari Endeus TV di bawah ini.
 

Bahan puding pandan susu:


200 ml air
15 lembar daun pandan, potong-potong
800 ml susu cair
120 gr gula pasir
1 bungkus (7 g) agar agar bubuk plain
 

Cara membuat puding pandan susu:


1. Masukkan air dan daun pandan ke dalam blender, proses hingga halus. Saring, peras airnya. Sisihkan
2. Tuang susu, air pandan, gula pasir, dan agar-agar bubuk ke dalam panci. Aduk hingga rata
3. Masak larutan susu dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga mendidih
4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan puding, diamkan hingga uap panasnya hilang. Simpan di dalam kulkas hingga padat. Keluarkan puding dari cetakan, potong sesuai selera. Sajikan segera

Tips: Jika ingin mendapatkan warna hijau daun yang lebih pekat, tambahkan beberapa lembar daun suji saat menghaluskan daun pandan.




(TIN)