BEAUTY

Trik Jitu Menghilangkan Ketombe Membandel

Kumara Anggita
Kamis 05 Maret 2020 / 17:39

Jakarta: Ketombe yang rontok dan berjatuhan di pundak kerap kali membuat beberapa orang jadi tidak percaya diri. Bila kamu adalah salah satu dari mereka, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya.

Seperti dilansir dari Huffpost, berikut ini:

Sampo anti ketombe 

Mencari sampo anti ketombe adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan ketika sudah melihat titik-titik putih menyebar pada pundak. Namun agar lebih efektif, coba untuk melihat bahan-bahan yang terkandung pada shampo tersebut. Apakah cocok atau tidak.

“Sampo ketombe datang dengan banyak bahan yang berbeda,” kata Amy Kassouf, M.D., seorang dokter kulit di Klinik Cleveland. 

Cara terbaik adalah dengan membaca label shampo untuk mengetahui bahan aktifnya. "Shampo dengan asam salisilat membantu mengelupas sisik. Selenium sulfida atau seng pyrithione mampu mengurangi peradangan serta beberapa jenis bakteri dan ragi lainnya. Sementara ketoconazole dapat mengurangi ragi di kulit kepala," kata Dr. Kassouf.

embed

(Kamu bisa mengoleskan tea tree oil beberapa tetes ke kulit kepala untuk membantu mengurangi rasa gatal dan berminyak. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

Steroid topikal 

Dokter kulit kamu dapat meresepkan larutan steroid topikal seperti hidrokortison, yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit kepala.

Tea tree oil

Tea tree oil alami ini dapat ditemukan dalam makanan dan toko vitamin, umumnya digunakan sebagai zat pada kulit untuk membantu membuka pori-pori. Kamu bisa mengoleskan tea tree oil beberapa tetes ke kulit kepala untuk membantu mengurangi rasa gatal dan berminyak.

Cuka putih atau cuka apel 

Memanfaatkan bahan dapur pun terkadang bisa membantu menghilangkan masalah ketombe pada kulit kepala. Gunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air pada kulit kepalamu ya.

“Terkadang sesuatu yang sederhana seperti membilas dengan larutan cuka encer dapat mengubah pH kulit dan menyeimbangkan kembali flora serta mengurangi iritasi,” kata Dr. Kassouf.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa bekerja memberantas permasalahan ketombe yang kamu alami. Selamat mencoba!


(yyy)