KULINER

4 Bahan yang Enggak Boleh Dicampurkan dengan Kopi

Raka Lestari
Jumat 08 Januari 2021 / 16:05
Jakarta: Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Ada berbagai jenis kopi dengan rasa dan ciri khas yang berbeda-beda setiap jenisnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, kreasi minuman yang berbahan dasar kopi pun semakin bertambah banyak. Akan tetapi, ada beberapa bahan tertentu yang sebaiknya tidak dicampurkan dengan kopi.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang sebaiknya tidak ditambahkan pada kopi:
 

1. Susu skim


Bertentangan dengan apa yang diyakini kebanyakan orang, susu skim bukanlah produk susu paling sehat yang dapat kamu tambahkan ke kopi favoritmu. Menurut ahli onkologi bedah, Dmitri Alden, Susu murni lebih sehat daripada susu skim.

“Alasannya adalah berkatian dengan lemak dan kandungan gula. Susu skim biasanya memiliki kandungan gula yang lebih banyak untuk menambahkan rasa. Dan minuman yang tinggi akan kandungan gula diketahui dapat menyebabkan obesitas,” kata Alden.
 

2. Pemanis buatan


Menambahkan pemanis buatan pada kopi dapat menambahkan kalori kosong pada makanan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Harvard Health, konsumsi pemanis buatan dapat menyebabkan keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan yang lebih banyak, yang biasanya memiliki nutrisi yang sedikit.
 

3. Krimer


Krimer tidak hanya sarat dengan gula, tetapi setiap satu sendok makan krimer dapat mengandung 5 gram gula. Jadi, jika kamu menambahkan tiga sendok makan krimer maka setara dengan 15 gram gula per cangkirnya.

Krimer juga mengandung zat aditif yang buruk. Kandungan minyak sawit dalam krimer dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, serta karagenan yang dikaitkan dengan gangguan pencernaan pada beberapa orang.
 

4. Kental manis


Campuran kopi dengan kental manis merupakan hal yang sangat mudah ditemukan di gerai-gerai kopi di Indonesia dan Asia. Akan tetapi, kental manis merupakan salah satu bahan yang tidak sehat untuk dicampurkan dengan kopi.

Hanya dua sendok makan kental manis, sudah mengandung 22 gram dan 130 kalori. Jumlah tersebut memiliki kandungan gula 3 kali lebih tinggi dibandingkan cokelat batangan. Daripada menambahkan kental manis, kamu bisa menambahkan susu tanpa gula pada kopi.
(FIR)