KULINER

4 Tips Bikin Dendeng Balado Ala Restoran Padang

Yatin Suleha
Senin 26 Juli 2021 / 07:05
Jakarta: Siapa yang bisa menolak kelezatan dari masakan Padang yang satu ini? Ya, dendeng balado. Bersama kenikmatan masakan Padang lainnya seperti rendang atau gulai, makanan yang satu ini memang merupakan penggoda sejati perut yang sedang kerocongan.

Dilansir dari Wikipedia, dendeng balado adalah masakan khas Sumatra Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado.

Sedangkan dendeng batokok bahannya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah bumbu baladonya bukan memakai cabai merah, tetapi memakai cabai hijau yang diiris kasar. Setelah diiris tipis melebar, daging sapi dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut.

Dendeng balado ini bisa kita buat asalkan tahu tips membuat dendeng balado ala restoran Padang ini nih! Tipsnya lengkap dari pemilihan daging hingga membuat bumbu balado yang enak. Yuk, ENDEUSiast  simak tips dari Endeus TV untuk membuat dendeng baladonya!
 

1. Cara memilih daging dendeng


Tips membuat dendeng balado pertama adalah memilih daging yang tepat. Jenis daging sapi yang paling cocok dibuat dendeng adalah gandik.

Ukuran daging gandik pas sekali dibuat dendeng, tidak terlalu besar atau kecil. Daging ini juga sedikit lemaknya dan uratnya tidak banyak. Pastikan daging gandiknya segar supaya hasil dendengnya juga enak.
 

2. Cara mengiris dendeng tipis


Mengiris daging yang tipis adalah kunci membuat dendeng yang kering dan renyah. Meskipun sudah memilih bagian gandik yang mudah diiris, tetap ada tips yang memudahkan mengiris daging dengan tipis.

Untuk memudahkan mengiris daging, dagingnya bisa kita bekukan dulu biar keras. Kalau dagingnya keras, makin mudah mengiris lebih tipis.

Supaya dendeng tidak hancur saat digoreng dan dicampur dengan bumbu, pastikan iris daging searah serat ya. Kalau diiris berlawanan serat, daging susah kering dan akan hancur saat dimasak. 


dendeng balado
(Paling enak dendeng balado dimakan dengan nasi hangat. Hm, Foto: Dok. Instagram Makan Pake Receh/@makanpakereceh)
 

3. Cara membuat dendeng yang kering


Berbeda dengan hidangan daging yang enak dimakan kalau empuk, dendeng balado justru enaknya dimakan kalau dagingnya kering dan renyah.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan tekstur daging yang kering dan renyah? Pertama kita harus mengeringkannya dahulu. Untuk mendapatkan daging yang kering, masyarakat Padang membakar dagingnya dulu sebelum dimasak.

Proses pembakaran ini tak hanya memberikan tekstur daging yang kering tapi juga memberikan aroma smokey yang enak. Tapi, kalau tak ingin membakar, kita bisa mengoven dagingnya dulu selama 40 menit hingga dagingnya benar-benar kering.

Setelah mendapatkan tekstur daging yang kering, kita tetap harus menggoreng dendengnya juga. Siapkan penggorengan dengan minyak goreng yang banyak lalu panaskan dengan sedang. Saat dagingnya masuk ke dalam minyak, segera kecilkan api.

Goreng daging sampai betul-betul renyah bahkan sampai ke dalam-dalamnya. Untuk mempertahankan kerenyahan daging ini, sebaiknya daging ini disimpan di dalam wadah tertutup. Baru tutup wadahnya setelah dagingnya dingin agar tidak berembun, ya!
 

4. Cara membuat bumbu balado


Selesai mengolah dagingnya, saatnya kita membuat bumbu balado yang enak. Untuk membuat bumbu balado, campur tiga jenis cabai di dalamnya. Cabai merah untuk warna merah yang bagus, cabai rawit dan cabai keriting untuk rasanya yang pedas.

Kalau tidak ingin membuat bumbu balado yang terlalu pedas, kurangi saja cabai rawit dan cabai merahnya ya.

Setelah menyiapkan cabai, bumbu pelengkap bumbu balado adalah bawang merah. Ya, pada resep aslinya, bumbu balado Padang tidak menggunakan bawang putih.

Bahan bumbu balado ini lalu bisa dihaluskan dengan cara diulek atau diblender. Enaknya bumbu balado untuk dendeng ini ditumbuk kasar saja biar terasa tekstur cabainya.

Bumbu balado ini lalu ditumis menggunakan minyak yang banyak. Biar enak, kita bisa tambahkan daun jeruk, daun salam, serai, dan daun kunyit di dalamnya.

Tumis dengan api kecil supaya bumbu baladonya matang dengan sempurna. Jangan sampai tidak matang, ya, karena bisa membuat bumbu balado langu dan tidak enak.

Setelah bumbu baladonya matang, baru masukkan daging yang sudah digoreng. Daging yang dimasukkan juga harus dalam keadaan dingin ya. Supaya dagingnya tidak melempem, matikan api dan campur sebentar saja cukup sampai terbalut bumbu.

Jangan mencampur terlalu lama karena bisa membuat daging dendengnya tidak renyah malah alot dan kurang enak saat dimakan. Sudah tahu tips membuat dendeng balado ala restoran Padang, tak ada alasan lagi untuk tak membuatnya di rumah ya. Jadi, selamat mencoba ya!



(TIN)