KULINER

Cara Menyimpan Baking Soda Agar Tetap Segar

Raka Lestari
Senin 18 Januari 2021 / 06:04
Jakarta: Baking soda merupakan salah satu bahan yang penting untuk ada di dapur. Ini karena baking soda memiliki banyak kegunaan, mulai dari mengatasi bau tidak sedap, membuat roti, kue, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Pada umumnya, baking soda disimpan begitu saja di dalam kotak kemasannya. Padahal sebenarnya cara ini bukanlah cara yang terbaik untuk menjaga agar baking soda tetap segar.


Cara menyimpan baking soda


Dilansir dari Reader's Digest, ketika kamu sudah membuka kotak kemasan baking soda sebaiknya langsung memindahkan baking soda pada wadah kedap udara. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar baking soda tetap segar ketika akan digunakan. Membiarkan baking soda pada kotak kemasannya begitu saja tidak disarankan karena tidak kedap udara.

Selain itu, karena salah satu manfaat terbaik dari baking soda adalah menyerap bau, membiarkannya terbuka di dapur juga sangat tidak disarankan. Meskipun tanggal kedaluwarsa pada kotak mungkin sampai satu atau dua tahun sejak tanggal pembelian, pada umumnya kualitas baking soda akan menurun sekitar enam bulan setelah kamu membuka kemasannya.

Dengan menyimpannya pada wadah yang kedap udara, dapat membantu memaksimallkan usia penyimpanan baking soda.
 

Wadah yang terbaik untuk menyimpan baking soda


Saat akan menyimpan baking soda, disarankan untuk menyimpannya pada stoples bumbu karena tidak hanya memperpanjang masa pakai baking soda, tetapi juga membuatnya lebih berguna.

Namun, sebelum memindahkan baking soda kamu tetap harus memastikan bahwa wadah yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan tidak berbau. Dengan begitu, baking soda tidak akan menyerap bau apapun yang sebelumnya disimpan dalam wadah tersebut.

Wadah bumbu dengan penutup yang memiliki lubang-lubang kecil juga bisa menjadi pilihan karena bisa memudahkan ketika akan menggunakannya, terutama jika ingin menggunakan baking soda di sekitar rumah.

Kamu tinggal mengocoknya, kemudian baking soda bisa keluar sedikit demi sedikit. Hal ini mencegah baking soda tumpah berlebihan ketika kamu menuangkannya.
(YDH)