KULINER

Sarapan Terbaik Atlet Olimpiade, dari Michael Phelps hingga Usain Bolt

Kumara Anggita
Kamis 05 Agustus 2021 / 06:10
Jakarta: Sebelum bertanding, para atlet tentunya tidak boleh sampai terlewat waktu sarapan. Ritual ini akan memberikan mereka energi untuk tampil maksimal.

Kira-kira sarapan macam apa sih yang mereka andalkan untuk pertandingan? Berikut makanan yang para atlet profesional konsumsi dari Eat This:
 

Michael Phelps: Telur yang banyak


Pada 2008, tersiar kabar bahwa juara renang Olimpiade, Michael Phelps, mengonsumsi 12.000 kalori sehari. Dan, dia tidak bisa menghilangkan rumor tersebut, meskipun tidak cukup akurat. Kebiasaan itu masih ia terapkan dengan banyak makanan selama hari-hari kompetitifnya.

Menurut laporan dari New York Post ini, saat berlatih untuk Olimpiade Beijing 2008, Phelps mengonsumsi tiga sandwich telur goreng penuh dengan keju, selada, tomat, bawang goreng, dan mayones. Phelps dapat dengan mudah menyantap telur dadar lima butir, semangkuk bubur jagung, setumpuk roti panggang Perancis, dan panekuk keping cokelat.
 

Gabby Douglas: Oatmeal dengan pisang


Sebelum Olimpiade Rio 2016, pesenam Gabby Douglas berbagi cerita dengan Cosmopolitan terkait asupannya. Ia membeberkan makan siangnya yang khas sebagai peraih medali emas Olimpiade dua kali itu.

"Jam 7 pagi, saya bangun. Kemudian jam 8 pagi, berlatih hampir setiap hari dan minum segelas air. Untuk melewati empat jam pertama pelatihan saya, saya makan semangkuk oatmeal panas dan pisang dengan teh. Nenek saya yang luar biasa membantu membuat makanan saya sehingga saya bisa tetap fokus pada pelatihan saya,” jelasnya.

Sementara saat libur, Gabby memberi dirinya lebih banyak kelonggaran dengan dietnya.

"Saya tetap pada rencana makan bersih saya bahkan pada hari libur, untuk sebagian besar, tetapi saya memiliki sarapan yang lebih besar dari biasanya hari ini. Nenek saya membuat wafle, telur orak-arik dengan keju, dan daging sapi. Itu cukup baik untuk membuat siapa pun bangun dari tempat tidur!,” katanya.
 

Katie Ledecky: Roti bakar selai kacang


Perenang Amerika Serika dan peraih medali emas Olimpiade menyantap sarapan ringan yang tidak akan membebaninya di kolam renang.

"Latihan renang pertama saya adalah pukul 06:15, jadi saya biasanya bangun 30 menit sebelumnya. Sebelum menyelam, saya biasanya makan granola bar atau roti panggang selai kacang dan pisang," katanya kepada PureWow pada September 2019.

"Ini adalah opsi pra-latihan yang bagus karena memberi saya energi yang cukup untuk bertenaga melalui latihan pagi hari, tanpa membuat saya merasa terlalu berat atau kenyang,” ujar Katie.
 

Usain Bolt: Sandwich telur


Manusia tercepat di dunia, Usain Bolt, memiliki reputasi makan chicken nugget di pagi hari. Akan tetapi, bintang lintasan atletik di Olimpiade itu menjelaskan bahwa, dia jauh lebih teratur akhir-akhir ini. Hal itu dikatakan dalam sebuah wawancara pada 2015 dengan GQ Inggris. Selama masa pelatihan, dia memilih sandwich telur untuk sarapan.

“Pada siang hari saya hanya makan cukup untuk mendapatkan energi untuk latihan dan untuk memastikan saya mencerna dengan cukup cepat," ujar pria asal Jamaika tersebut.

"Tapi di malam hari, sebelum tidur, saya makan banyak. Pelatih saya ingin saya makan banyak sayuran. Jadi saya makan lebih banyak daripada yang lain. Saya akan makan brokoli, tapi saya bukan penggemar berat makanan itu,” pungkas Bolt yang telah mengoleksi 9 medali emas Olimpiade tersebut.
(FIR)