KULINER

Jangan Seduh Teh dengan Air Mendidih! Simak Penjelasan Pakar Ini

Medcom
Minggu 05 Desember 2021 / 20:18
Jakarta;: Bukan hanya kopi, teh juga menjadi salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia. Umumnya, Anda bisa menemukan produk teh dalam bentuk celup maupun bubuk. 

Kedua jenis kemasan teh itu mudah untuk dibuat. Cukup menuangkannya ke dalam gelas dan kemudian disiram dengan air panas. Hanya saja, kebanyakan orang membuat teh dengan air mendidih demi bisa diminum dalam kondisi masih atau melarutkan gula yang jadi pemanis.  

Namun, tahukah Anda jika sebaiknya tidak menyeduh teh dengan air mendidih? Bahkan, sejumlah pihak menyebut rasa teh yang diseduh dengan air mendidih lebih mirip dengan air rebusan kol.

Baca: Hindari Asupan Kafein Berlebihan dengan Konsumsi 5 Minuman Pengganti Kopi Ini

Pakar minuman dan makanan asal Inggris, Martin Isark, menyebut kebiasaan menyeduh teh dengan air mendidih pada zaman dulu dengan alasan kesehatan. Orang-orang ingin memastikan bakteri benar-benar mati sehingga air harus direbus hingga mendidih sebelum dicampurkan dengan teh.

Dilansir dari Inibaru.id, air yang terlalu panas bisa membuat cita rasa teh akhirnya menghilang. Begitu menyeduh teh dengan air bertemperatur tinggi, cita rasa yang tersisa hanyalah tannin kering serta astrigen sehingga membuat teh terasa pekat. Apalagi jika teh celup dimasukkan ke dalam air terlalu lama.
 

Suhu ideal untuk beragam jenis teh

Setiap teh memiliki suhu air seduhan yang berbeda-beda untuk mengeluarkan cita rasa terbaik. Teh yang biasa ditemukan di pasaran idealnya diseduh dengan air bersuhu 80 derajat Celcius.

Teh sebaiknya diseduh dengan suhu tak terlalu tinggi
Ilustrasi teh celup. Medcom.id/M Rizal

Sementara itu, air seduhan untuk teh hijau direkomendasikan berada di suhu 50 sampai 65 derajat Celcius. Jadi, minuman ini bakal terasa nikmat saat hangat.

Sementara itu, teh oolong idealnya diseduh dengan suhu mendekati mendidih. Teh jenis ini sebaiknya diseduh dengan air bersuhu 95 derajat Celcius.
 

Cara menyeduh teh dengan suhu ideal

1. Masak air dengan ketel dengan pengatur temperatur

Salah satu cara menyeduh teh dengan suhu ideal yakni lewat memanfaatkan alat-alat masak yang semakin canggih. Kalau Anda punya ketel dengan pengaturan suhu, tentu bakal mudah untuk mengatur air seduhan teh.

2. Diamkan sebentar usai medidih

Jika tak punya, sebaiknya Anda menunggu beberapa saat usai mendidihkan air sebelum mencampurkannya dengan teh.

Setelahnya, baru Anda bisa tambahkan bahan lain seperti gula. Intinya, biarkan suhu air sedikit menurun sebelum menyeduh.

3. Campur dengan air lebih dingin

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan air dingin terlebih dahulu sebelum menambahkannya dengan air panas. Contohnya, kalau dalam cangkir sudah berisi 20 persen air dingin, maka setelah dituangkan air panas, suhunya bisa turun jadi 80 derajat Celcius. (Nuansa Islami)

(SUR)