KULINER

Minum Kopi saat Sarapan Bisa Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Kamis 27 Mei 2021 / 15:10
Jakarta: Sarapan disebut-sebut sebagai waktu makan yang paling penting untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Dan, minum kopi pada saat sarapan dianggap bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Akan tetapi, pilihlah kopi hitam tanpa tambahan apapun. Menambahkannya dengan gula atau susu, malah bisa menambah berat badan.
 

Kopi dapat menekan nafsu makan


Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Food Sciences and Nutrition, kopi terbukti memengaruhi pengendalian nafsu makan. Studi ini menyatakan bahwa mengonsumsi kopi antara setengah jam dan empat jam sebelum makan dapat membantu menekan 'asupan energi akut', yang juga dikenal sebagai asupan kalori. Jadi, jika kamu menyesap secangkir kopi sebelum sarapan, maka nafsu makanmu kemungkinan akan berkurang.
 

Kopi meningkatkan metabolisme


Selain membantu menekan nafsu makan, kopi juga telah terbukti membantu meningkatkan laju metabolisme. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, para peneliti menyimpulkan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan pengurangan berat badan, BMI, dan pengurangan lemak tubuh.
 

Kopi kaya akan antioksidan


Minum kopi secara rutin ternyata bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara signifikan berkat kandungan antioksidan dalam kopi. Minuman favorit banyak orang ini mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol, yang merupakan mikronutrien yang ditemukan pada tanaman yang telah dikaitkan dengan membantu kesehatan otak, pencernaan, dan bahkan menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, penyakit kardiovaskular, serta diabetes tipe 2.

Sebuah studi pada 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions dapat menemukan hubungan antara asupan polifenol makanan dengan penurunan berat badan, karena cara antioksidan ini berinteraksi dengan bakteri di usus.

Makanan yang kaya polifenol sebenarnya adalah beberapa makanan yang mungkin tidak selalu kamu anggap sehat, seperti cokelat hitam, anggur, dan juga kopi. Kopi sebenarnya diidentifikasi sebagai sumber makanan yang kaya akan polifenol.

Kopi berada pada peringkat ke-36 dari 100 daftar makanan kaya akan polifenol yang diterbitkan oleh European Journal of Clinical Nutrition. Kopi hampir mirip dengan raspberry dalam hal kandungan polifenol, dan bahkan berada di atas teh hitam dan hijau.
(FIR)