KULINER

Bukan Bubur Ayam atau Nasi Uduk, Ini Menu Sarapan Terpopuler di Layanan Pesan Antar

A. Firdaus
Jumat 25 Februari 2022 / 06:10
Jakarta: Biasanya bubur ayam atau nasi uduk menjadi menu yang terbayang di benakmu ketika ingin sarapan. Tapi nyatanya bukan kedua makanan itu yang banyak dipesan konsumen layanan pesan antar.

Chief Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana menuturkan daftar makanan yang banyak digemari oleh pengguna Traveloka Eats, termasuk preferensi tren makanan yang disantap untuk sarapan.

"Untuk sarapan ternyata makanan favorit adalah bakmi. Tren lainnya yang muncul saat pandemi adalah kebutuhan pencinta kuliner atas segelas kopi," kata Shirley.

Ini, menurut Shirley, dipengaruhi oleh perubahan kebijakan bekerja yang kini bisa dilakukan dari rumah, bukan cuma di kantor. Penerapan kebijakan bekerja dari rumah membuat sebagian orang beradaptasi memboyong kebiasaan ngopi di kantor ke rumah.

"Biasanya ke pantry kalau mau ngopi, pandemi dan orang work from home memberikan dampak positif ke pencarian menu kopi yang naik dua kali lipat setiap hari kerja pukul 2-5 sore," jelas dia.

Makanan lain yang diminati di layanan pesan antar ini adalah martabak dan nasi goreng yang menjamur di berbagai tempat, terutama di pinggir jalan saat malam hari. Menu paket makanan yang berisi nasi serta lauknya juga jadi pilihan, terutama konsumen yang tak mau ambil pusing.

Untuk jenis menu paket, nasi dengan lauk ayam dan bebek masih jadi favorit. Tren makanan tersebut serupa dengan data yang dimiliki layanan GrabFood. Dari 10 kategori makanan teratas yang dicari di platform tersebut meliputi Makanan cepat saji, martabak, pizza, bakso, ayam, nasi goreng, burger, seblak, mie, dan sate.

Selain itu, makanan lokal yang paling banyak di pesan di GrabFood di Indonesia adalah mie goreng pedas. Meskipun mie goreng pedas banyak dipesan di Indonesia, tetapi setiap wilayah memiliki makanan favoritnya tersendiri.

Makanan favorit di Jakarta adalah bakso, makanan favorit di Medan adalah nasi goreng, sementara di Surabaya orang-orang menyukai ayam goreng dan nasi. Pada 2020, makanan yang banyak dipesan saat malam adalah sate ayam, lontong, dan udang goreng, sementara untuk makan siang, orang Indonesia memilih menu nasi dengan ayam sebagai menu favorit.

Untuk camilan sore, segelas teh susu cokelat hazelnut dipesan setiap 10 detik selama jam santai sore di tahun 2020. Menu lain yang tidak kalah favorit sebagai pilihan camilan sore adalah mie goreng pedas, udang rambutan, kopi susu, ayam geprek, dan kopi susu.
(FIR)