KULINER

5 Fakta Unik Baby Dutch Pancake, Pancake Raksasa dari Jerman

Raka Lestari
Sabtu 25 September 2021 / 09:15
Jakarta: Pancake saat ini menjadi sajian yang tidak asing lagi. Dinikmati dengan segelas kopi dan teh, Pancake cocok menjadi pilihan saat sarapan pagi, dessert maupun kudapan sore hari.

Pancake umumnya berbentuk kue dadar bundar yang dapat ditumpuk maupun digulung serta dilengkapi dengan berbagai topping manis seperti madu, ice cream ataupun coklat yang digemari banyak kalangan.

Topping menyegarkan lain seperti potongan buah strawberry, mangga, blueberry, atau pisang membuat Pancake menjadi pilihan camilan yang selain enak, juga menyehatkan. Namun saat ini ada juga kreasi pancake terbaru, yaitu baby dutch pancake.

Berikut 5 fakta unik mengenai Baby Dutch Pancake:
 

1. Bukan Berasal dari Belanda


Penggunaan kata ‘Dutch’ membuat masyarakat kerap mengira camilan ini berasal dari Belanda. Namun, tahukah kamu bahwa Baby Dutch Pancake merupakan camilan yang berasal dari Jerman dan mulai popular sejak 1942? Penggunaan kata Dutch kemungkinan ada kaitannya dengan sebutan “Deutschland” yang sering digunakan sebagai nama lain Jerman.
 

2. Berbentuk raksasa


Saat Baby Dutch Pancake yang wangi ini keluar dari oven, penampilannya sangat berbeda dari pancake pada umumnya. Adonan pancake tidak berbentuk datar namun naik ke atas. Bentuknya seperti mangkuk, mengikuti dan memenuhi pan yang sebelumnya masuk ke oven. Ukuran Baby Dutch Pancake bisa lebih besar 1,5 kali lipat daripada pancake yang biasanya.
 

3. Tekstur yang lebih unik dan garing


Baby Dutch Pancake memiliki tekstur yang unik, dengan bagian atas pancake yang lebih garing dan bagian bawah yang lebih lembut. Berbeda dengan pancake biasa yang berbentuk bundar dengan ketebalan yang sama. Saat Baby Dutch Pancake keluar dari oven, adonan yang panas dan ditambahkan dengan ice cream serta saus favorit, menghadirkan berbagai sensasi rasa di mulut.
 

4. Memiliki cara memasak yang berbeda dengan pancake biasa


Setelah adonan pancake selesai, biasanya adonan tersebut akan dituang dan dipanaskan di penggorengan. Namun cara memasak Baby Dutch Pancake ini berbeda, adonan Baby Dutch Pancake akan dituang di pan dan dipanggang ke dalam oven selama 20 menit.
 

5. Bisa dikreasikan dengan daging


Dikenal sebagai makanan manis, sarapan maupun dessert, ternyata Baby Dutch Pancake bisa menjadi hidangan utama makan siang maupun makan malam. Kamu dapat menikmati Baby Dutch Steak Pancake dengan potongan daging tenderloin yang tebal dan juicy, ataupun dengan daging ayam, serta makanan asin lainnya.
(FIR)