KULINER

7 Cara Mengolah Daging Kambing agar Tidak Bau

Cindy
Selasa 20 Juli 2021 / 16:12
Jakarta: Perayaan Iduladha tentu identik dengan masakan olahan hewan kurban seperti sapi dan kambing. Hewan kurban kerap beraroma tidak sedap atau bau prengus. 

Bau prengus yang menyengat biasanya lebih kuat pada kambing jantan. Jika kamu tidak mengolahnya dengan baik, maka aroma itu akan tetap terasa saat dimakan. 

Nah, simak cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing yang ingin kamu olah secara mudah, dikutip dari berbagai sumber. 

1. Jangan mencuci daging kambing

Mencuci daging kambing malah akan membuat bau prengus semakin kuat. Ini karena air cucian akan mengeluarkan juice serta bau prengus yang ada dalam daging. 

Alhasil, bukannya enak malah tekstur daging kambing juga menjadi alot atau keras. Sebaiknya, Anda langsung mengolah daging dengan memasukkan daging kambing langsung ke dalam air rebusan bumbu rempah. 

Baca: Sebar 1.000 Kurban, Sandiaga: Momen Berbagi ke Warga Terdampak Pandemi

2. Buang lemaknya

Buang lemak yang ada pada daging kambing agar tidak bau. Timbulnya bau prengus dipicu senyawa phytol yang berasal dari rumput yang dimakan kambing. 

Senyawa itu paling banyak terkandung dalam lemak kambing. Pisahkan sedikit demi sedikit antara lemak dan dagingnya. 

Ketika lemak semakin sedikit, daging kambing tidak akan berbau prengus ketika dimasak. Tentu akan lebih baik jika daging dibumbui dengan rempah yang kuat dan berbau khas. 

3. Menggunakan buah nanas

Buah nanas dikenal sejak lama dapat membantu menghilangkan aroma prengus sekaligus mengempukkan daging kambing. Ini karena terdapat enzim bromelain di buah nanas yang berguna membuat daging empuk dan lembut. 

Caranya mudah, cukup ambil sepotong buah nanas yang matang, parut, dan ambil sari buahnya. Balurkan sari buah nanas pada potongan daging kambing yang masih mentah. Diamkan beberapa menit dan masak daging kambing. 

4. Pakai jeruk nipis

Perasan jeruk nipis juga bisa menghilangkan bau prengus dari daging kambing. Kamu cukup membalurkan perasan jeruk nipis ke seluruh daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Jeruk nipis mengandung bahan antibakteri. Menggunakan jeruk nipis bisa membuat kandungan bakteri dalam daging berkurang. Sehingga, aroma tak sedap jadi hilang. 

Baca: Ahli Gizi Beri Tips Mengolah Daging Kurban Yang Tepat

5. Pakai jahe dan garam

Jahe dan garam juga membantu mengurangi bau prengus pada daging kambing. Caranya mudah, geprek dan haluskan jahe sebelum dibalurkan ke daging kambing. 

Garam pun demikian, taburkan pada daging dan diamkan selama 30 menit. Garam dan jahe yang meresap akan menetralkan bau prengus itu. 

6. Rebus dengan cuka

Cuka juga bisa menjadi pilihan lain untuk membantu menghilangkan bau tak sedap dari daging kambing. Caranya, siapkan air matang sebanyak 1 liter. 

Masukkan daging kambing dan campurkan 50 mililiter cuka ke dalamnya. Diamkan sejenak lalu tiriskan daging. 

7. Rendam dengan rempah

Anda bisa mengolah daging kambing supaya tidak bau dengan menggunakan rempah atau bumbu dapur. Seperti daun jeruk, bawang putih, ketumbar, jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, serta cengkeh. 

Haluskan seluruh rempah-rempah yang akan kamu gunakan untuk masak. Baluri permukaan daging dengan rempah-rempah yang sudah dihaluskan. Diamkan beberapa saat sebelum merebus daging tersebut. 
(UWA)