KULINER

Ini Lho Manfaat Makan Sushi bagi Kesehatan

Kumara Anggita
Kamis 25 Februari 2021 / 12:14
Jakarta: Selain enak, sushi adalah makanan yang sering dianggap sebagai makanan yang sehat. Alasannya, karena kudapan asal Jepang ini menggunakan berbagai bahan yang segar dan bernutrisi tinggi.

Dikutip dari Health, Ella Davar, RD, CDN, ahli gizi integratif ahli diet terdaftar dan konselor kesehatan bersertifikat yang berbasis di Manhattan, mengatakan bahwa sushi yang sehat dan direkomendasikan untuk dimakan adalah sushi nigiri dan sashimi. Ia juga menganjurkan kamu untuk selalu memesan salad dan sayuran yang dimasak. 


(Kudapan asal Jepang ini menggunakan berbagai bahan yang segar dan bernutrisi tinggi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Tak hanya itu, untuk sushi gulung, kamu juga boleh mempertimbangkan untuk mengurangi porsi nasinya.  “Saat memesan sushi roll, (minta) kurangi nasi untuk mencegah lonjakan gula darah akibat tingginya kandungan karbohidrat dari nasi putih dan pemanis yang digunakan untuk membuatnya,” tuturnya.

Dengan begitu itu, sushi akan lebih sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat lainnya sushi untuk tubuh yang perlu kamu ketahui antara lain:
 

Memperkuat sistem kekebalan 

Davar menyebutkan penelitian juga menunjukkan bahwa wasabi, perasa unik yang digunakan untuk membumbui dan mendisinfeksi ikan mentah dalam sushi, memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dan membantu memperkuat sistem kekebalan. 

"Wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan berbagai isothiocyanate, yang memiliki sifat antibakteri dan membantu mengurangi unsur mikroba atau patogen laten,” lanjutnya.

Ia juga mencatat bahwa wasabi diketahui dapat membunuh beberapa jenis bakteri E. coli dan Staphylococcus.


(Nigiri adalah sushi yang disajikan dengan nasi yang di atasnya diberi potongan ikan. Biasanya ikan tersebut disajikan mentah tapi tetap nikmat! Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Meningkatkan kesehatan jantung 

”Salmon dan mackerel adalah sumber protein yang sangat baik selain asam lemak omega-3 DHA yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner serta mendukung kesehatan otak dan retensi memori," jelas Davar. 

U.S. Food and Drug Administration (FDA) mendukung temuan ini yang menyatakan bahwa ada bukti terbatas namun dapat dipercaya bahwa DHA yang ditemukan pada ikan berminyak dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko hipertensi, dua faktor risiko umum dari penyakit jantung koroner.
 


Membantu proses detoksifikasi alami tubuh

Menurut Davar, nori yang paling umum digunakan untuk membuat sushi, sangat bergizi. Ini memiliki vitamin 10 kali lebih banyak daripada bayam, dan mengandung 30 hingga 50 persen protein dan hanya 0,1 persen gula.

"Rumput laut bermanfaat lainnya termasuk kelp, wakame, kombu dan bladderwrack, diikuti oleh rumput laut merah yang termasuk nori, dulse dan Irish moss, dan terakhir rumput laut hijau. Ini tinggi yodium dan membantu mendukung proses detoksifikasi alami di hati,” jelasnya.



(yyy)