KULINER

ICA Diharapkan Bisa Menduniakan Kuliner Indonesia

K. Yudha Wirakusuma
Senin 25 Januari 2021 / 17:35
Jakarta: Indonesian Chef Association (ICA) memasuki usia ke-14 tahun pada 2021. Sebuah usia yang menyiratkan sebuah kedewasaan yang terbentuk dari perjalanan panjang organisasi ini.

Peringatan ulang tahun kali ini berlangsung secara virtual lantaran dalam suasana pandemi covid-19. Dalam Event Virtual ini diramaikan dengan kegiatan Virtual Celebration dan Demo Cooking Celebrity Chef seperti Chef Chandra, Chef Yongki Gunawan, Kung Fu Chef Muto, Chef Axhiang, Chef Sisca Soewitomo.

Serta dimeriahkan oleh Mama Rieta ibunda pesohor Nagita Slavina yang saat ini tengah giat membantu mengembangkan industry UMKM.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno pun hadir secara virtual  dalam perayaan ini. Sandiaga Uno menekankan pentingnya posisi chef dan industri kuliner dalam pembangunan Pariwisata dan Ekonimi kreatif.

“Saya berharap duta-duta chef dan ahli kuliner Indonesia yang tergabung dalam ICA bisa menjadi bagian dari team Gastrodiplomasi Indonesia ke depannya dan menjadi bagian penting dari upaya Pemerintah untuk terus menduniakan Kuliner Indonesia,” Ungkap sandi.

Sandi juga berharap para chef bisa saling bersinergi dan bekerjasama agar profesi sebagai chef bisa membuka lowongan pekerjaan yang seluas-luasnya. Dengan ini ekonomi bangsa akan ikut maju dan berkembang.

Chef Henry Alexie Bloem selaku Presiden ICA mengungkapkan rasa bangga atas dukungan dan loyalitas para chef dalam membumikan dan melestarikan kuliner nusantara. “ Ucapan bangga syukur kepada seluruh pengurus karena ICA bisa membuat jajaran prestasi yang luar biasa. Hingga saat ini anggota ICA sudah mencapai angka 4479 orang di 22 provinsi di Indonesia, 47 Kepengurusan tingkat kabupaten / kota ( BPC )  dan Ambassador di 20 kota besar di berbagai belahan dunia," kata Henry.

Menurut Slamet Jarwanto selaku VP Marketing dan Event ICA sekaligus ketua Panitia acara menyebutkan dalam HUT kali ini para chef memasak 14 menu Indonesia dan disiarkan secara virtual di 14 akun media social dari ICA dan para celebrity Chef anggota ICA.

“ICA juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan sponsor dari stakeholder seperti Ajinmoto, Blue Band , Kokita dan Sania Dan juga Chef chef dari daerah yang terlibat dalam acara ini dimana mereka melakukan demo bersama via IG live,” kata Slamet.

Beberapa chef dari daerah juga menampilkan aksi masak berbagai makanan tradisional Indonesia. Semua demo masak ini bisa disaksikan secara virtual lewat instagram @dapurica.

Henry Bloem berharap ICA bisa menjadi mitra sinergis pemerintah dalam menduniakan kuliner Indonesia seperti visi misi dari Indonesia Chef Association.
(YDH)