KULINER

10 Rujak Enak di Indonesia (Bag 2 habis)

A. Firdaus
Jumat 30 Oktober 2020 / 08:00
Jakarta: Indonesia terkenal dengan segala kulinernya. Termasuk rujak yang ternyata, banyak variasi dengan rasa yang berbeda pula.

Rujak sendiri merupakan makanan tradisional yang memiliki campuran berbagai macam sayuran atau buah. Dan, dibubuhi bumbu atau kuah yang telah dicampuri cabai.

Dilansir dari Indonesia Travel, berikut 10 rujak enak Indonesia:
 

6. Rujak Cingur Surabaya


Masih di Jawa Timur, Surabaya punya rujak unik yang mereka sebut Rujak Cingur. Cingur adalah moncong sapi yang direbus melalui peningkatan suhu secara bertahap. Sehingga moncong tersebut terasa empuk ketika digigit.



Meski terdengar aneh, rujak cingur merupakan salah satu sajian tradisional yang paling banyak diburu di Surabaya. Selain cingur, rujak lokalnya juga terdiri dari buah dan sayur, seperti ketimun, bengkuang, tauge, kangkung, dan kacang-kacangan. Semuanya kemudian dilengkapi dengan siraman sambal kacang yang gurih.
 

7. Rujak Soto Banyuwangi


Jika kamu suka soto, kamu mungkin juga menyukai rujak soto di Banyuwangi, Jawa Timur. Terdiri dari sayuran rebus, seperti kangkung dan tauge, dicampur dengan kuah spesial.



Kuahnya sendiri terbuat dari kacang tanah tumbuk, gula merah, dan petis atau terasi. Sajian ini kemudian ditempatkan dalam mangkuk dan dituangkan dengan sup yang gurih dan hangat. Namun, seperti rujak ala Jawa Timur lainnya, rujak Banyuwangi ini juga termasuk cingur.
 

8. Rujak Petis Jawa Timur


Rujak petis dapat ditemukan sebagai hidangan lokal di banyak tempat di Jawa Timur. Rujak ini berisi buah-buahan dan sayuran yang biasa ditemukan di rujak cingur.

Rujak yang didominasi petis ini tidak mengandung cingur, melainkan tempe dan tahu. Yang membuat unik rujak ini adalah kuah terasi atau petis dengan kuah kacangnya.
 

9. Rujak Kuah Pindang Bali


Menyeberang ke Pulau Dewata, ada rujak kuah pindang. Rujak ini mungkin terlihat biasa dengan berbagai irisan buah, seperti mangga muda, pepaya, dan jeruk babi. Namun yang berbeda adalah kehadiran kuah pindangnya.



Kuah khasnya menawarkan sensasi amis yang unik. Sebab terbuat dari air rebusan kepala ikan dengan beberaoa kuah gurih dan pedas.
 

10. Rujak Terasi Lombok


Sedikit berlayar dari Bali, kamu akan menemukan surga liburan lain di Lombok, dan tentunya rujak istimewanya, yaitu rujak terasi.

Jika di Jawa Timur dikenal dengan sebutan petis, orang Lombok - dan kebanyakan orang di Indonesia, mengenalnya dengan sebutan terasi.



Terasi ini dibuat dari kuah merah karena dicampur dengan cabai rawit. Kuah merah ini kemudian dipadukan dengan kuah dari gula merah dan dituangkan ke dalam campuran berbagai irisan buah segar.
(FIR)