KULINER

Cara Membuat Churros

Yatin Suleha
Jumat 30 April 2021 / 07:00
Jakarta: Churros memang bentuknya unik. Makanan yang merupakan donat khas ala Spanyol ini juga popular lho di Indonesia. Churros mulai popular tahun 2010-an di Indonesia. Tampilannya yang dibalut dengan gula pasir dan kayu manis bubuk rupayanya cocok dengan lidah orang Indonesia.

Sebenarnya churros ini mirip dengan sus goreng, tetapi teksturnya lebih renyah dibandingkan dengan sus goreng. Selain churros dilapisi dengan gula pasir dan kayu manis bubuk, kini churros juga bisa diisi dengan aneka isian. 

Ada yang diisi dengan selai cokelat, selai buah dan vanila. Pelapisnya juga bisa diganti dengan cokelat bubuk, keju bubuk dan lainnya. Apakah kamu penasaran bagaimana cara membuat churros? Kali ini Endeus akan memberi tahu ENDEUSiast cara membuat churros ala cafe yang lezat. Yuk, simak langkah-langkahnya:
 

1. Bahan churros


Meskipun dibilang donat ala Spanyol, tapi membuat churros tak perlu proses fermentasi. Bahan-bahan dan cara membuat churros malah lebih mirip dengan sus goreng. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat churros adalah tepung terigu protein sedang, garam, telur, margarin, air, dan minyak untuk menggoreng.

Untuk rasa yang lebih gurih, kamu bisa mengganti margarin dengan mentega. Sebaiknya mentega yang digunakan adalah unsalted butter atau mentega tawar karena sudah menggunakan garam. 

Kalau adanya mentega asin, berarti jangan menggunakan garam lagi di dalamnya ya. Jangan lupa menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas supaya hasil churrosnya jadi lebih maksimal.
 

2. Cara membuat adonan churros


Cara membuat adonan churros adalah merebus air dengan margarin dan garam. Masak bahan-bahan ini sampai margarinnya leleh. Kemudian masukkan tepung dan aduk hingga menggumpal dan kalis. Lalu angkat adonan sampai kalis atau tidak menempel pada panci. 
Kalau mau menambah rasa ke dalam churros, sebaiknya haluskan supaya menjadi bentuk bubuk, seperti misalnya oreo atau cokelat. 

Letakkan adonan tepung yang sudah kalis di dalam wadah. Tunggu sampai adonan bersuhu ruang lalu masukkan telurnya. Masukkan telur satu per satu agar mudah diaduk. Kamu bisa menggunakan mixer untuk menghemat waktu. Gunakan mixer dengan kecepatan rendah saja, dan kocok sampai adonan tercampur rata.

Sendokkan adonan ke dalam plastik segitiga. Kalau mau spuit tidak kotor, gunakan dua plastik segitiga. Satu untuk diisi adonan churros, satunya lagi untuk menaruh spuit kembangnya. Potong ujung plastik, kita siapkan minyak untuk menggoreng churros ya!
 

3. Cara menggoreng churros


Sambil mengocok adonan churros, siapkan minyak untuk menggoreng. Cukup panaskan minyak dengan api sedang, baru masukkan adonan ke dalam minyak goreng. Kalau mau membuat churros yang panjang, ukuran panjang wajan bisa disesuaikan ya. Tapi, kalau tidak bisa terpaksa churros berbentu melengkung. Goreng cukup dengan api sedang sampai kuning kecoklatan.


churros
(Dilansir dari Pergikuliner, churros pertama kali dibuat oleh penggembala Spanyol yang hidup nomaden di dataran tinggi untuk menggantikan roti segar. Ia membuat churros karena kesulitan untuk mengakses toko roti. Hal inilah yang menyebabkan bentuk churros seperti tanduk domba. Hm, pantas saja bentuknya aneh ya? Tapi rasanya lezat kok! Foto: Dok. Endeus)
 

4. Cara memberi taburan dan mengisi churros


Ciri khas churros tak hanya bentuknya yang panjang, tetapi lapisan gula dan kayu manis bubuk. Sebelum melapisi churros kita bisa mencampur bahan taburannya. Biar gula dan kayu manisnya menempel dengan sempurna, sebaiknya tabur keduanya saat churros masih baru dalam keadaan panas.

Selain ditabur dengan gula dan kayu manis, churros juga bisa diisi dengan aneka selai. Setelah ditabur dengan gula dan kayu manis, dinginkan dulu churrosnya. Setelah churros dingin, baru bolongi tengah churros menggunakan sumpit lalu isi dengan selai. 

Supaya selainya mudah masuk ke dalam churros, masukkan selai ke dalam plastik segitiga lalu gunting ujungnya sesuai ukuran lubang di churros. Jangan menyemprot selai kala churros masih panas karena bisa melelehkan isiannya. Akibatnya isiannya bisa mencair dan bocor dari churros.
 

5. Tips membuat churros


Untuk kamu yang baru pertama kali membuat churros ada tipsnya. Tepungnya harus direbus dulu supaya tidak ada rasa mentah. Selama proses perebusan gunakan api kecil dan aduk tepung terus menerus agar tidak mudah gosong. Untuk menurunkan suhu adonan, kita bisa mengeluarkan uapnya dengan cara mengocok adonan dengan mixer kecepatan rendah.

Jangan memasukkan telur ke dalam adonan saat masih panas karena membuat telur matang dan adonan menjadi lembek. Kala adonan lembek, hasil churros juga tak akan garing malah akan melempem dan lengket jadinya. Bila ingin churros yang lebih mengembang, kita bisa menambahkan baking powder ke dalam adonan. 

Membentuk churros tak hanya berbentuk panjang saja. Kita bisa membentuknya dengan berbagai bentuk. Kalau mau membentuk hati misalnya, kita bisa menggunakan baking paper. Bentuk dulu di atas baking powder lalu dinginkan dulu di dalam kulkas sampai adonan sedikit mengeras.

Sebelum menggoreng, pastikan minyak sudah dipanaskan dengan panas sedang. Setelah itu goreng churros di dalam minyak dengan panas sedang. Goreng cukup dengan panas sedang, jangan dibesarkan apinya supaya matangnya merata. Kalau digoreng dengan api yang besar, dikhawatirkan adonan luarnya sudah gosong tapi dalamnya masih belum matang. 

Goreng sampai kuning keemasan, lalu diangkat. Untuk mengurangi minyaknya, tiriskan churros dalam posisi berdiri. Beri taburan berupa gula dan kayu manis saat masih panas agar bahan taburannya melekat ya.
 

6. Resep churros dari Endeus


Endeus punya aneka resep churros dari yang rasanya asin gurih sampai yang manis seperti pada umumnya.

- Resep churros lele


Resep churros ini berbeda dari churros biasanya, namanya churros lele. Di dalamnya kita tambahkan daging ikan lele, daun bawang dan bawang putih bubuk untuk rasanya yang gurih. Sajikan churros lele dengan mayones, saus, dan irisan lemon cui.
 

- Churros es krim sandwich


Sekarang saatnya kita nikmati churros dengan gaya yang berbeda! Kita buat churrosnya sebagai sandwich yang melapisi ice cream. Bayangkan, churros yang renyah dengan es krim yang lembut dan dingin pasti enak banget deh. Bisa kamu coba nih di rumah.
 

- Resep coffee churros


Coffee churros ini memberikan rasa yang lain yakni kopi. Gunakan kopi instan tanpa ampas agar lebih mudah dipadu dengan adonan. Dijadikan teman minum teh, enak sekali ngemil coffee churros ini!
 

- Resep Churros Karamel


Bosan dengan churros yang ditabur gula saja? Kali ini kita buat churros yang dimakan dengan saus karamel yang enak. Jangan patah semangat ya kalau kamu belum sukses sepenuhnya membuat churros. Bersabar dan buat kembali!




(TIN)