KULINER

5 Kegunaan Tepung Jagung bagi Kehidupan Sehari-hari

Raka Lestari
Sabtu 01 Januari 2022 / 14:05
Jakarta: Biasanya tepung jagung atau tepung maizena digunakan sebagai bahan utama untuk memasak atau membuat kue. Namun sebenarnya tanpa kamu sadari, tepung jagung tersebut bisa digunakan sebagai keperluan lain selain memasak atau membuat kue.

Untuk itu, jika kamu memiliki tepung jagung di rumah yang tersisa atau tidak digunakan, sebaiknya jangan langsung membuangnya karena mungkin saja itu berguna untuk kehidupan sehari-hari. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah kegunaan lain dari tepung jagung selain untuk memasak dan membuat kue:
 

1. Melepaskan ikatan tali sepatu


Ketika mengikat tali sepatu, ada kemungkinan kamu mengikatnya terlalu kencang sehingga membuatmu kesulitan untuk melepaskan ikatan tali sepatu tersebut. Tetapi kamu bisa menggunakan tepung jagung sebagai solusinya. Taburkan sedikit tepung jagung di atas ikatan tali sepatu yang diikat, maka ikatan tersebut akan dengan mudah dilepas.
 

2. Menghilangkan noda tinta di karpet


Karpet yang terkenan tinta pastinya akan membuat tampilan karpet menjadi kurang menarik. Namun kamu bisa menggunakan tepung jagung dan susu untuk mengembalikan keindahan karpet yang terkena noda tersebut.

Campur susu dengan tepung jagung sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ke noda tinta pada karpet, kemudian biarkan sampai mengering di atas karpet selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner.
 

3. Membuat kutek dengan hasil matte


Cat kuku dengan hasil akhir matte merupakan salah satu tren baru dalam dunia kecantikan. Dan jika kamu menginginkan tampilan matte pada kuku, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan sedikit tepung jagung.

Yang harus kamu lakukan adalah mencampur tepung jagung dengan cat kuku favoritmu di atas piring kertas kecil. Kemudian kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada kuku.
 

4. Menghilangkan tanda hangus pada pakaian


Ketika kamu sedang menyetrika dan mengangkatnya terlalu lama, kemungkinan bisa meninggalkan bekas noda seperti hangus berbentuk setrika. Tentu saja hal itu sangat mengganggu.

Namun kamu bisa menyiasatinya dengan membasahi area yang hangus dan tutupi dengan tepung jagung. Biarkan tepung jagung kering, lalu singkirkan bersama dengan tanda hangus tersebut.
 

5. Menghilangkan noda darah


Kamu dapat menghilangkan atau mengurangi noda darah dengan menggunakan tepung jagung. Campurkan tepung jagung dengan air dingin. Tutupi bagian yang terdapat noda darah dengan tepung jagung dan gosokkan dengan lembut ke kain. Biarkan sampai kering, dan setelah kering sikat sisa campuran tepung jagung dan air yang sudah mengering tersebut.
(FIR)