KULINER

5 Buah Terbaik untuk Disantap saat Sarapan

Raka Lestari
Sabtu 05 Maret 2022 / 16:15
Jakarta: Sarapan memang dikenal sebagai waktu makan yang penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Dengan sarapan, kebutuhan energi akan terpenuhi dan membuat tubuh bisa melakukan berbagai kegiatan.

Mengonsumsi makanan sarapan yang seimbang menjadi hal yang penting, termasuk juga asupan buah-buahan. Sarat dengan serat dan nutrisi penting, buah adalah tambahan yang bagus untuk sarapan seimbang.

Dan berikut ini adalah buah-buahan terbaik yang bisa dikonsumsi saat sarapan:
 

1. Jeruk


Buah jeruk merupakan sumber vitamin C, serat, potasium, dan fitonutrien yang baik, memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

"Grapefruit khususnya mengandung tingkat tinggi flavonoid, naringenin, yang dianggap mempromosikan lingkungan mikrobioma yang lebih menguntungkan untuk penurunan berat badan," kata Liz Wyosnick, ahli gizi terdaftar.
 

2. Apel


Diperkaya dengan serat, vitamin C, dan antioksidan, apel merupakan sumber flavanoid yang disebut quercetin, yang memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri dan dapat meningkatkan sistem kekebalan.

"Quercetin dapat sangat membantu orang yang memiliki alergi musiman. Apel cocok dengan banyak makanan sarapan, mulai dari oatmeal hingga mentega kacang hingga yogurt," kata Wyosnick.
 

3. Raspberry


Kecil, namun penuh dengan rasa, raspberry adalah tambahan yang mudah untuk sarapan. Raspberry menjadi buah pembangkit tenaga dari beragam fitonutrien, dan karena memakan buah utuh (kulit dan biji), nutrisi antioksidan dan anti-inflamasi mudah diperoleh.

"Seperti kebanyakan buah-buahan, raspberry juga merupakan sumber vitamin C dan serat yang bagus," kata Wyosnick.
 

4. Delima


Sering diabaikan, ternyata delima atau pomegranate ini kaya akan nutrisi bermanfaat. Terutama pada biji delima yang kaya polifenol antioksidan yang disebut antosianin.

Fungsi antosianin dari biji delima membantu melindungi sel-sel yang bereplikasi melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan telah dipelajari sebagai sarana untuk mencegah kanker prostat, usus besar, paru-paru, dan payudara.
 

5. Blueberry


Blueberry mengandung banyak manfaat daripada serat. Bluberry juga mengandung vitamin C, mangan, dan fitonutrien yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Artinya, dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan pengurangan penyakit kronis lainnya. Untuk sarapan yang mengenyangkan, isi oatmeal dengan secangkir blueberry.
(FIR)