KULINER

Bikin Chicken Alfredo Mozzarella Stick Yuk! Dijamin Semua Suka

Mia Vale
Rabu 25 Mei 2022 / 07:05
Jakarta: Siapa yang tak tergoda dengan kelezatan aneka olahan makanan dengan mozzarella. Saat digigit kejunya seakan seperti tertarik saat masih hangat.

Ah, rasanya lezat dan gurih. Tapi, tahukah kamu bahwa keju ini dulu awalnya dibuat dari susu  kerbau? Dilansir dari Wikipedia, mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong, karena dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong.

Keju ini dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau. Mozzarella di bufala dibuat dari susu kerbau, sementara mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi. 

Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya. Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi.

Pada umumnya, keju yang dibuat pada hari itu, dimakan pada hari itu juga. Walaupun demikian, keju ini dapat bertahan hingga satu minggu bila direndam di air garam. Dan mozzarella dengan kadar air yang rendah dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan, dan dapat bertahan lebih lama bila dijual dalam kemasan hampa udara.

ENDEUSiast bisa membuat camilan enak yaitu chicken alfredo mozarella stick. Buat yuk, sontek saja resepnya dari Endeus TV berikut ini ya.
 

Bahan chicken alfredo mozarella stick:


250 gr cream cheese, kocok hingga lembut
300 gr dada ayam rebus, suwir halus
250 gr keju mozzarella, parut
100 gr keju parmesan bubuk
3 siung bawang putih, parut
1 sdt merica hitam bubuk
½ sdt garam
Minyak goreng secukupnya
 

Pelapis:


150 gr tepung terigu serba guna
2 butir telur, kocok lepas
150 gr tepung panir halus
 

Pelengkap:


Peterseli cincang
Saus tomat
 

Cara membuat chicken alfredo mozarella stick:


1. Campur seluruh bahan dalam mangkuk (kecuali minyak goreng), aduk hingga rata
2. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20 cm, alasi baking paper. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan, masukkan ke dalam freezer hingga beku
3. Keluarkan dari freezer, potong ukuran 2x5 cm
4. Lapisi setiap potong adonan dengan tepung terigu, celupkan dalam telur, kemudian gulingkan dalam tepung panir. Lakukan hingga habis
5. Goreng stick dengan api sedang hingga matang. Angkat, tiriskan. Sajikan bersama pelengkap

Tips: Simpan stick yang sudah dilapisi tepung dalam freezer, agar lebih padat saat digoreng.



(TIN)