KULINER

5 Cara Buat Bolu Gulung Batik

Yatin Suleha
Kamis 29 Juli 2021 / 06:00
Jakarta: Bolu merupakan makanan yang sangat lezat dan sangat pas dengan berbagai minuman hangat. Bolu berasal dari bahasa Portugis yaitu bolo yang artinya sama dengan cake dalam bahasa Inggris. 

Dalam banyak literatur dipaparkan bahwa perkembangan kue bolu mulai sangat bervariatif pada abad 19. Hal ini bermula sejak diketemukannya baking powder sebagai bahan pengembang cake (leavening agent). 

Sejak itu penambahan gula icing sebagai topping ataupun penggunaan butter cream sebagai hiasan ataupun filling menjadi sentuhan tambahannya.

Dan dalam perkembangan selanjutnya, bolu gulung sering dijadikan oleh-oleh bahkan antaran untuk sanak saudara. Ini lantaran rasanya yang disukai banyak orang.

Nah, belakangan makin banyak varian bolu gulung yang menarik perhatian nih. Salah satunya adalah bolu gulung batik. ENDEUSiast pasti sudah tahu ya. Tapi, tahu enggak cara buat bolu gulung batik ini ternyata tidak sesusah yang kita kira lho? 

Penasaran bagaimana trik membuat bolu gulung batik yang antibantet dan warnanya cantik? Sontek caranya seperti dilansir dari Endeus TV ya.
 

1. Cara buat adonan bolu


Bahan-bahan membuat adonan bolu dasar adalah margarin, putih telur, emulsifier, tepung terigu, dan kuning telur. Supaya bolunya tidak kering, margarin yang dilelehkan tidak boleh sampai bening sekali karena lemaknya sudah terpisah sehingga nanti hasil bolunya akan kering.

Supaya bolunya empuk tapi tetap padat, penggunaan kuning telur dalam adonannya memang harus banyak. Setelah itu jangan lupa tambahkan maizena supaya adonan bolunya bisa lentur.

Kunci keberhasilan adonan bolu ini juga terletak pada pengocokan telurnya. Mengocok telurnya bersama gula dan emulsifiernya harus sampai mengembang.

Tanda kocokan telurnya mengembang adalah sudah meninggalkan jejak mixernya. Baru deh masukkan lelehan margarin dan bahan-bahan lainnya.

Saat memasukkan bahan-bahan kering, jangan lupa untuk menyaringnya dulu supaya tidak begerrindil dan hasil bolunya juga jadi halus.
 

2. Cara beri warna pada adonan bolu


Setelah adonannya jadi, kita bagi dulu adonannya untuk yang diwarnai. Adonannya tergantung seberapa banyak warna yang kita gunakan. Kalau warnanya banyak kita bisa mengambil 1/4 dari takaran adonan. Setelah itu bisa kita bagi lagi sesuai banyak warna yang diinginkan. 

Untuk memberi warna pada adonan, kita bisa menggunakan pewarna atau pasta. Memberi warnanya harus hati-hati ya, karena kalau terlalu banyak warna juga tidak akan bagus. Setelah itu aduk sampai rata.


bolu batik
(Membuat motif batik di kue bolu pertama gambar dulu di atas baking paper untuk mengalas loyang agar hasil gambarnya bagus. Foto: Dok. Endeus TV)
 

3. Cara membuat motif batik di kue bolu


Supaya lebih mudah membuat motif batik yang diinginkan, masukkan masing-masing adonan warna ke dalam plastik segitiga dan potong kecil ujungnya agar tidak meleber saat disemprot.

Gambar dulu di atas baking paper untuk mengalas loyang agar hasil gambarnya bagus. Setelah itu semprot adonan sesuai dengan motif yang kita buat. Selain langsung menyemprot adonan, kita bisa membentuk adonan dengan menggunakan tusuk gigi.

Saat membuat motif dengan tusuk gigi, jangan terlalu ditekan supaya tidak merusak motif batiknya. Bagaimana kalau ada motif yang salah? Sebelum metuang adonan bolu dasarnya, kamu bisa hapus dengan tisu saja. Setelah membuat motif, tuang lagi adonan bolu dasarnya. Baru deh bolu batik ini siap dipanggang.
 

4. Cara memanggang bolu 


Sebelum memanggang bolu, pastikan oven yang akan digunakan sudah siap, ya. Jangan sampai saat memasukkan loyang, ovennya belum panas sesuai dengan suhu yang diinginkan. Jadi sebelum memasukkan bolu, kita panaskan dulu dengan suhu yang diinginkan biar pas suhu untuk memanggang bolunya.

Memanggang bolu memang harus dengan suhu yang agak tinggi sekitar 190-200 derajat Celsius selama 20-25 menit. Setelah bolunya dipanggang, kita dinginkan dulu di atas cooling rack sebelum kita oles dengan isian, ya.

Kalau langsung diolesi dengan adonan isian bisa-bisa isiannya malah meleleh. Apalagi kalau isiannya buttercream atau whipped cream, pasti akan meleleh.

Supaya mudah digulung, bagian dalam bolu yang akan diisinya bisa kita kerat-kerat dulu. Baru deh dioleskan isiannya.
 

5. Cara menggulung bolu gulung batik


Bagian yang paling penting saat membuat bolu gulung batik adalah menggulungnya. Sebelum menggulung bolunya, taruh di atas baking paper lalu oleskan isiannya.

Tekuk bagian ujung kue ke dalam baru tarik kertas perlahan sambil tangan menggulung kue. Kamu juga bisa memanfaatkan bantuan penggaris besi lalu tarik baking paper supaya hasilnya bulat sempurna.

Bolu yang baru digulung tidak boleh langsung dipotong. Bungkus dulu dengan baking papernya lalu simpan dulu di dalam kulkas biar benar-benar padat.

Saat ingin memotong bolu gulung batik, jangan menekan bolunya keras-keras karena bisa membuatnya pecah. Potong bolu dengan pisau gergaji dengan gerakan maju mundur agar hasilnya bagus.

Itulah trik membuat bolu gulung batik yang wajib dipraktikkan di rumah ya. Jangan ragu jika ada yang kurang sempurna, karena practise makes perfect bukan? Jadi, selamat mencoba ya!



(TIN)