KULINER

Mudah Didapatkan, Inilah Inspirasi Menu Sarapan Sehat yang Bisa Kamu Coba

Raka Lestari
Sabtu 26 Maret 2022 / 18:10
Jakarta: Sarapan merupakan salah satu bagian penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Dengan menyempatkan waktu untuk sarapan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh.

Salah satunya adalah untuk menambah energi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun pilihlah sarapan yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari INSIDER, berikut ini adalah beberapa pilihan makanan untuk sarapan kaya gizi yang bisa kamu konsumsi:
 

1. Pancakes atau Waffle


Menurut Yaffi Lvova, ahli diet dan nutrisi beregistrasi, pancakes dan waffle yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan gandum yang terdapat pada pancakes dan waffle merupakan sumber utama bagi serat dan Vitamin B.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya dengan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi. Untuk nutrisi tambahan, kamu dapat menggunakan tepung gandum utuh atau bahkan menambahkan makanan almond ke adonan kue buatanmu, saran Lvova.
 

2. Telur


Menurut Lvova, telur merupakan salah satu makanan termurah dan berkualitas tinggi. Telur memiliki kandungan zat gizi mikro seperti vitamin B, vitamin D, selenium, zinc, zat besi, dan tembaga.

"Menambahkan telur dan memadukannya dengan salad mentimun cincang dan tomat bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari dengan makanan penuh nutrisi," kata Lvova.
 

3. Garam


Menurut Jenni Bourque dan Mirna Sharafeddine, ahli gizi dan founder dari Naughty Nutrition, garam merupakan komponen penting dalam asupan tubuh manusia. Garam meja mengandung yodium, yang merupakan mineral penting.

"Tubuh membutuhkannya untuk membuat hormon tiroid, yang dibutuhkan untuk mengendalikan metabolisme tubuh dan fungsi lainnya," menurut Lauren O'Connor, ahli diet terdaftar.
 

4. Keju


"Susu mengandung kalsium, vitamin D, dan mikronutrien lain yang membuatnya dapat bagi tubuh," kata Lvova.

Menurut Bourque dan Sharafeddine., beberapa jenis keju bahkan mengandung mikroba yang bermanfaat, terbukti membantu melindungi gigi dan menurunkan jumlah bakteri penyebab gigi berlubang.

 

5. Ubi dan kentang


Baik kentang maupun ubi sangat bermanfaat bagi tubuh dan sistem pencernaan. Bahkan kentang yang dimakan dengan kulitnya memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi seperti protein, beberapa vitamin B, zat besi, kalium, dan magnesium daripada ubi manis.
(FIR)