KULINER

5 Ide Mengolah Tomat Ceri

Kumara Anggita
Minggu 13 Juni 2021 / 14:13
Jakarta: Tomat ceri adalah tomat yang berukuran kecil, bulat dan lebih asam dibandingkan dengan tomat biasa. Makanan ini bernutrisi tinggi dan biasanya bisa dimakan langsung layaknya buah atau dalam campuran salad.

Dikutip dari NDTV, tomat ceri merupakan sumber vitamin yang kaya, terutama vitamin A dan C. Menurut sebuah sumber satu porsi 100 gram tomat ceri mengandung 500 IU vitamin A dan 9 gram vitamin C. Jumlah porsi yang sama menyediakan 22 kkal energi dan 4 gram karbohidrat. 

Bila kamu tidak suka memakannya langsung, ada ide untuk mengolah tomat ceri. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan pada tomat ceri.
 

1. Salad 


Potong tomat ceri menjadi dua bagian dan masukkan ke dalam mangkuk berisi buah dan sayuran segar. Ini bisa jadi tambahan yang menyegarkan lho!
 

2. Hidangan pembuka 


Campurkan tomat ceri di atas kerupuk, salami, crostini, dan makanan lainnya. Atau taburi sedikit garam dan merica di atas tomat saat menyajikannya.


tomat ceri
(Memang pizza bisa dikreasikan dengan apa pun ya. Dan menletakkan tomat ceri yang asam segar juga bisa menambah selera makan. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Pizza 


Gunakan tomat ceri sebagai topping untuk pizza. Rasa tajam dari tomat ini akan cocok dengan keju dan bumbu yang membentuk lapisan atas hidangan favorit kamu.
 

4. Makanan dipanggang


Tomat ceri terasa enak saat dipanggang. Tambahkan ke dalam telur panggang atau lasagna atau bahkan sayuran panggang.
 

5. Pasta


Ada banyak hidangan seperti pasta dan pasta tomat dimana tomat konvensional dapat dengan mudah diganti dengan tomat ceri. Itu semua sangat tergantung pada selera dan preferensi individu.

Jadi apakah kamu sudah tahu mau mengolah tomat ceri jadi apa? Sesuaikan dengan selera makan kamu dan padukan dengan minuman yang segar ya.

(TIN)