KULINER

Mudah Buat Es Susu Jelly, Segar untuk di Siang Terik

Mia Vale
Selasa 05 Juli 2022 / 09:05
Jakarta: Biasanya jelly menjadi agar-agar atau puding lalu dimakan ya. Lalu, apakah jelly berbeda dengan agar-agar? Dinukil dari laman Detik food agar-agar berasal dari tumbuhan alga merah yaitu Gelidium amansii. Agar-agar juga sering dijadikan alternatif alami gelatin yang berasal dari tumbuhan. 

Agar-agar terdapat dalam bentuk bubuk maupun batangan atau strip. Seusai dimasak dan mengeras, agar-agar memiliki tekstur yang lebih kering, berbeda dengan jelly yang apabila dimasak dan mengeras akan lebih kenyal dan berair. 

Jelly tidak jauh berbeda dengan agar-agar, sama-sama berasal dari umbi tumbuhan namun berbeda dengan agar-agar, jelly berasal dari Amorphophallus konjac. Jelly memiliki tekstur kenyal, berair dan biasanya tidak dikonsumsi layaknya agar-agar dengan cara dipotong dalam loyang besar melainkan dalam cetakan kecil. Saat ini jelly banyak dipasarkan dalam aneka rasa buah.

Di siang hari yang terik, sepertinya enak ya kalau ENDEUSiast membuat minuman dari bahan jelly. Mudah kok membuat minuman es susu jelly. Lihat cara buatnya dari Endeus TV di bawah ini yuk. Selamat mencoba!
 

Bahan es susu jelly:


1,2 Lt. air
200 gr gula pasir
3 bungkus jeli bubuk, tawar
2 bungkus pop ice rasa stroberi
2 bungkus pop ice rasa mangga
2 bungkus pop ice rasa blueberry
2 Lt. susu cair tawar
 

Cara membuat es susu jelly:


1. Dalam panci masukkan air, gula, dan jeli bubuk. Aduk rata. Didihkan
2. Bagi adonan jeli menjadi 3 bagian, campur masing-masing adonan dengan satu bungkus pop ice berbeda rasa. Aduk rata setiap bagian. Tuang ke dalam cetakan berbeda. Dinginkan hingga mengeras. Potong dadu. Sisihkan
3. Hangatkan susu dalam panci. Bagi menjadi 3 bagian, campur masing-masing bagian dengan sisa pop ice. Aduk rata. Dinginkan dalam kulkas
4. Campur jeli dengan susu sesuai rasa. Masukkan kedalam gelas atau botol saji. Sajikan dingin

Tips: Beri sedikit selasih untuk menambah tekstur renyah dalam satu sajian.




(TIN)