KULINER

5 Tips Bijak Makan Sepuasnya di Restoran All You Can Eat

Raka Lestari
Sabtu 01 Mei 2021 / 12:14
Jakarta: Berbuka puasa bersama sudah menjadi salah satu kegiatan wajib bersama keluarga dan kerabat kala bulan Ramadan tiba. Selain jadi momen untuk mengeratkan tali silaturahmi, keseruan buka puasa bersama terletak pada restoran dan makanan yang jadi pilihan.    

Salah satu restoran yang selalu laris dan ramai antrian pengunjung adalah restoran dengan konsep All You Can Eat (AYCE). Dengan berbagai varian jenis  makanan, minuman hingga penyegar yang bisa dinikmati sepuasnya, restoran AYCE menjadi pilihan berbuka yang menggiurkan.  

Namun sayangnya, beberapa orang mengambil makanan terlalu banyak sehingga makanan-makanan tersebut bersisa di piring mereka. Untuk itu, berikut ini adalah lima hal yang bisa diterapkan agar bijak menikmati makan sepuasnya di restoran AYCE:
 

1. Kelilingi etalase dan lihat semua pilihan menu


Sesampainya di restoran,  hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai mengambil makanan adalah mengelilingi seluruh etalase restoran. Hal ini bertujuan untuk terlebih dahulu melihat variasi menu yang tersedia sebelum memutuskan apa yang ingin diambil. Meski harus menunda 5-10 menit untuk makan, hal ini akan membantu proses seleksi makanan sembari merekam  catatan makanan yang akan diambil kemudian.
 

2. Atur porsi makanan


Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa piring yang disediakan di etalase tidak berukuran  besar? Jawabannya, untuk mengontrol porsi yang diambil. Piring berukuran besar akan menstimulasi alam bawah sadar untuk mengambil porsi banyak agar piring penuh. Hal ini  sebaiknya dihindari. Mulai dengan porsi kecil agar kamu bisa menikmati banyak varian makanan yang ditawarkan. Setelah mencicipi semua varian, kamu bisa mengambil porsi tambahan berdasarkan apa yang kamu sukai. Dengan demikian, makanan tak bersisa.
 

3. Atur keseimbangan jenis makanan


Hal lain yang bisa dilakukan agar lebih bijaksana menikmati makanan AYCE adalah dengan mengambil jenis makanan yang seimbang. Jika fokus makanan terletak pada protein seperti   daging, sebaiknya porsi karbohidrat seperti nasi atau kentang tidak terlalu banyak. Atur juga urutan jenis makan agar tidak tumpang tindih, seperti memulai dengan kudapan, dilanjutkan dengan makanan berat dan ditutup dengan penyegar.
 

4. Pilih jenis minuman dan penyegar yang ringan


Selain makanan, perhatikan pula minuman dan penyegar yang dikonsumsi. Memang, minuman dan penyegar cenderung manis, sehingga terlihat sangat nikmat dan menggiurkan. Namun, hal ini juga akan membuat perut cepat kenyang. Apabila jenis minuman dan penyegar tidak diatur dengan baik, kamu sudah akan merasa kenyang di tengah jalan, bahkan ketika makanan belum habis sempurna.
 

5. Tanamkan mindset yang tepat pada diri sendiri


Poin terakhir dan yang paling utama, atur mindset yang tepat di kepala sebelum memasuki restoran AYCE. Sebaiknya, mindset yang dibawa adalah niat untuk berbuka puasa dengan  menikmati berbagai hidangan yang ada. Hal tersebut tentu berbeda dengan niat untuk makan banyak dan puas dalam satu jam, misalnya. Dengan mindset yang tepat, kamu akan lebih bijak dalam menikmati makanan yang diambil.
(FIR)