KULINER

Mencicipi Menu Halal Korean Barbeque Milik Penyanyi Rossa di Drumstairs

A. Firdaus
Kamis 15 April 2021 / 06:09
Jakarta: Korean Wave atau gelombang fenomena Korea memang sudah menjalar di Indonesia. Termasuk restoran yang menyajikan makanan khas Negeri Ginseng tersebut. Akan tetapi, masih sedikit restoran Korea di Indonesia dengan sajian bahan-bahan halalnya.

Untungnya, kini ada satu restoran halal Korea teranyar yang hadir di Indonesia. Yaitu Drumstairs Halal Korean Barbeque, yang berada di Jalan Patiunus F4, atau dekat dengan Walking Drums.

Menariknya, salah satu founder restoran ini adalah penyanyi terkenal Tanah Air, Rossa. Menggandeng para sahabatnya yang pakar di bidang Food and Beverages, Teh Oca, panggilan akrabnya memberikan alasan membuka Drumstairs Halal Korean Barbeque.


Resto Drumstairs tampak depan. (Foto: A. Firdaus)

"Idenya cukup mendadak seperti biasa. Aku bersama teman-teman pada akhir Desember 2020, punya ide untuk bikin restoran halal Korean Barbeque. Sebab, belum ada Korean Barbeque yang mengusung tema halal di Indonesia. Baik itu dari ingredients, cara memasaknya, insya Allah di restoran ini semua yang kami pakai berlabel halal," ucap Rossa saat soft launching Drumstairs Halal Korean Barbeque, awal pekan ini.
 

Ide dan Realisasi Dadakan


Selain itu, seperti diketahui Rossa juga memliki hobi menonton Drama Korea. Sehingga tepat menurutnya, menyalurkan kesukaannya itu dengan membuka restoran Korea berlabel halal.

"Karena pandemi kita semua jadinya amat sangat intens nonton Drakor, apa pun yang dilihat itu kadang-kadang cepat pengen makan. Seperti yang banyak orang tahu, aku tuh pencinta Drakor. jadi kupikir yang aku suka bisa jadi usaha juga. Jadi aku dan teman-teman berpikir untuk membuka Korean Barbeque," terang juri Indonesian Idol ini.


Penyanyi sekaligus founder Drumstairs Halal Korean Barbeque, Rossa. (Foto: A. Firdaus)

Ide hingga realisasi yang begitu singkat tak membuat restoran Korean Barbeque ini minim kualitas rasa. Seperti daging yang digunakan berlevel premium, dan sudah dimarinasi (proses merendamkan makanan) dengan bumbu khas Korea.

Kemudian proses penyajiannya pun dengan menggunakan berbagai condiment saus-saus khas Korea. Selain itu, kamu juga seakan bisa menikmati sayur-sayur yang biasa dikonsumsi bintang-bintang drakor di film.
 

Varian menu dan harga


Tak hanya itu, berbagai sajian pelengkap lainnya, seperti Jampong, Japchae, Chicken Wings, Haemul Pajeon, hingga Kimchi yang merupakan favorit tamu-tamu juga ada di Drumstairs ini.

"Menu di Drumstairs disesuaikan dengan cita rasa Indonesia, seperti rasa Kimchi nya berbeda dengan asli Korea. Enggak terlalu asam, kayak ada rasa rujaknya. Sehingga menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia," imbuh Rossa.


Berbagai cara memakan makanan Korea, salah satunya dipanggang menggunakan smokeless BBQ Grill. (Foto: A. Firdaus)

"Kami menggunakan bahan dan sayuran dari lokal, karena yang import cukup susah, selain itu kalau dari lokal dagingnya lembut dan mementingkan marinated. Sementara untuk mengolah Kimchi kami nyetok. Sebab fermentasinya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 minggu," tambahnya.

Harga yang ditawarkan cukup murah untuk bisa menikmati menu di Drumstairs Halal Korean Barbeque. Untuk satu orang itu sekira Rp100 ribu hingga Rp150 ribu sekali makan.

"Maksudnya sekali makan, sudah ada daging sudah ada segala macam. Sejalan dengan waktu kami juga akan memasukkan segala camilan-camilan biar bisa masuk lagi. Terus juga paket hematnya sudah kami siapkan," sambungnya.


Demi bisa diterima lidah orang Indonesia, bahan dan bumbu yang digunakan juga dari produk lokal. (Foto: Drumstairs)

Untuk menu-menu unggulan, kamu bisa mencicipi Short Rib Bone In yang juga merupakan menu favorit Rossa. Ada juga Short Rib Boneless yang menjadi menu rekomendasi dari Drumstairs.

Sementara untuk beverages yang ditawarkan, ada Korean Tea yang bisa dinikmati dalam keadaan panas atau dingin, Kopi Botol, hingga minuman inovasi dari Rossa dan para partner, Yogurt Lychee
 

Konsep Urban Industrial


Masih satu induk dengan Walking Drums, interior yang diterapkan juga tak lepas dari kesan Urban Industrial. Jadi bangunan restonya, didominasi dengan warna hitam dan abu-abu.

"Kebetulan aku juga pernah terjun di dunia properti, jadi aku juga sangat memperhatikan konsep dan desain dari interior restonya," terang Rossa.

Sedangkan furniture yang digunakan, seperti meja dan juga smokeless BBQ Grill langsung didatangkan dari Korea. Rossa menjelaskan, kalau untuk mejanya sangat sulit didapatkan di sini.


Selain memiliki ruang pendingin di masing-masing ruangan, para tamu juga bisa membuka jendela untuk menikmati udara di luar. (Foto: Drumstairs)

"Barang-barang dari Korea langsung, karena cukup susah nyari meja. Chef-nya orang Indonesia, namun supervisinya orang Korea," ujar pelantun lagu Tegar ini.

Selain itu, semua ruangan di dalamnya mempunyai sekat dengan pintu geser ke arah outdoor yang bisa dibuka, sehingga sirkulasi udara tetap baik. Meski di setiap ruangan ada pendingin ruangan masing-masing, para tamu juga bisa membuka jendela kapan pun mereka mau.
 

Prokes yang ketat


Hadir di tengah masa pandemik, konsep resto disesuaikan dengan kondisi saat ini, yaitu mengutamakan protokol kesehatan (prokes), berjarak, terpisah satu kelompok tamu dengan tamu yang lain, dan menggunakan konsep ruang yang bersekat-sekat.

Operasional dari Drumstairs Halal Korean Barbeque juga mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan. Semua alat makan Korean Barbeque dipastikan sudah disterilisasi, dan setiap pergantian tamu, semua ruangan dibersihkan dengan desinfektan untuk kenyamanan dan keamanan para tamu.  

Untuk kebutuhan ber-swa foto, semua ruangan di Drumstairs Halal Korean Barbeque memiliki ambience berbeda-beda. Pengunjung dapat menikmati setiap hidangan seolah-olah sedang berada di negara Korea Selatan.

Saat ini Drumstairs Halal Korean Barbeque sedang dalam proses pengajuan sertifikasi halal. Beberapa tahapan pemeriksaan dilakukan, mulai dari bahan baku, proses produksi dan sistem jaminan halal produk makanan dan minuman yang dijual sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Mudah-mudahan bagi pencinta koran barbeque jadi enggak takut untuk menikmati hidangan korea. Ini adalah restoran yang pertama dari Drumstairs tapi semoga di tahun 2021 ini kami bisa membuka cabang-cabangnya lagi di Jakarta atau pun di luar kota," pungkas Rossa.


Drumstairs Halal Korean Barbeque:

Alamat: Jalan Patiunus blok F4, RT.4/RW.4, Gunung, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

Buka waktu normal: Pukul 11.00 WIB hingga 22.00 WIB
Saat Ramadan: Pukul 16.00 WIB hingga 22.30 WIB

Kapasitas resto: 72 orang


Harga Menu: Rp40 ribu hingga 265 ribu
(FIR)