KULINER

Cara Unik Mengolah Telur, Rasa Surga?

Sunnaholomi Halakrispen
Kamis 01 Oktober 2020 / 15:15
Jakarta: Apa pun yang menjadi viral di Internet akhirnya menjadi tren. Apakah akan sama dengan telur awan (cloud egg)? Apakah benar rasanya nikmat bagaikan di surga? Lalu, tertarikkah kamu mencoba membuatnya?

Semuanya berawal ketika foto kuning cerah yang diletakkan di atas hamparan putih telur yang lembut seperti awan mulai menjadi tren di Instagram. Awan telur yang sangat indah ini mendapatkan popularitas ketika orang mulai mencoba versi mereka sendiri.

Hidangan yang tampak menyenangkan dan gambarnya sempurna mungkin bukan konsep baru. Ini sebenarnya disebut Telur di Salju dan merupakan hidangan yang sangat populer di Prancis. 

Dikutip dari NDTV, olahan telur ini tampak cantik dan relatif rendah kalori, skitar 160 kalori per porsi. Sebab, metode memasaknya tidak menggunakan lemak sama sekali.


(Yuk, buat cloudegg yang sedang viral. Video: Dok. Instagram Sumida Table/@sumida_table)

Membuat telur awan bukanlah ilmu yang rumit, karena yang kamu butuhkan hanyalah beberapa butir telur dan oven.

Resep membuat telur di salju atau cloud egg kamu hanya perlu memisahkan putih telur dari kuning telur. Kocok putih telur hingga kental, berbusa, dan berombak. 

Kamu juga bisa menambahkan keju atau daging asap untuk menambah rasa. Selanjutnya, sendokkan putih kocok di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti, beri bentuk awan. 

Panggang ornamen putih itu di dalam oven. Oven harus sudah dipanaskan sebelumnya selama sekitar 5-7 menit pada suhu 200 derajat celcius atau sampai matang dengan baik. 

Setelah matang, tambahkan kuning telur dengan hati-hati tepat di atas putih telur yang telah dipanggang. Kemudian, panggang lagi selama beberapa menit hingga kuning telurnya sedikit matang dan putih telurnya berubah menjadi sedikit kecokelatan. 

Voila! Telur awanmu pun sudah siap. Tetapi, ini hanyalah cara dasar untuk membuat telur awan. Kamu bisa bereksperimen dengan berbagai bahan tambahan dan membuat hidanganmu sendiri dengan sekreatif mungkin. Selamat mencoba!
(TIN)