KULINER

5 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Coba

A. Firdaus
Sabtu 17 Oktober 2020 / 13:54
Solo: Solo sebuah kota kecil di Jawa Tengah namun megah akan sejarah. Mulai dari bangunan peninggalan seperti Keraton Surakarta, hingga pusat batik tradisional yang khas.

Kendati demikian, Solo juga punya kuliner khas yang tentunya wajib kamu coba. Dilansir dari Indonesia Travel, berikut lima daftar kuliner wajib saat kamu berkelana di Solo:
 

1. Timlo


Timlo merupakan makanan khas Solo yang memiliki rasa gurih dan menyejukkan. Selain itu kaya akan sayuran dan protein, sehingga pasti akan menenangkan perut yang menggeram.

Semangkuk Timlo berisikan kuah bening yang dihujani sejenis telur ayam goreng yang dipotong-potong. Kemudian tambahan telur pindang, jamur rebus, aneka sayuran, jeroan ayam, dan taburan renyah bawang goreng.


Timlo Solo (Foto: Pawon Solo Ny. Inge)

Ketika berada di Solo, tentunya kamu bakal menjumpai menu Timlo. Tapi untuk bisa merasakan menu ini dengan cita rasa yang khas, kamu bisa mengunjunginya di Pasar Gedhe 'Warung Timlo Solo Sastro.

Kemudian juga ada di Area Nonongan, yang kamu bisa berkunjung ke Warung Timlo Maestro, tapi hanya bisa menyambanginya pada malam hari.
 

2. Cabuk Rambak


Makanan khas Solo ini sangat sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia. Biasanya dianggap sebagai camilan atau makanan yang dikonsumsi di antara waktu makan, karena porsinya yang kecil.

Cabuk Rambak ini berisikan ketupat yang disiram dengan kuah berwarna cokelat pucat. Ada biji wijen panggang dan daging kelapa juga.


Cabuk Rambak (Foto: KSMTour)

Demi melengkapi sajian Cabuk Rambak ini, kamu bisa menaburkan kerupuk nasi renyah. Jangan terkecoh dengan penampilan yang sederhana ya, sebab hidangan ini dijamin bikin nagih lidahmu.

Pusat Cambuk Rambak di kota Solo bisa kamu temui di Jalan Yos Sudarso. Kawasan ini biasanya dipenuhi pedagang Cambuk Rambak dan Nasi Liwet. Tepatnya jelang matahari terbenam.
 

3. Nasi Liwet


Selain ada di beberapa daerah lain, Solo juga punya Nasi Liwet andalan. Bedanya, Nasi Liwet Solo dimasak dengan santan, kaldu ayam, daun salam, dan serai. Sehingga rasa yang keluar adalah gurih.

Apalagi ditemani dengan lauk pauk yang lezat, seperti telur dadar atau telur pindang, ayam suwir yang dimasak dengan santan, atau sup labu pedas dan areh (saus kelapa kental). Tentu semua itu menambah nafsu makanmu.


Nasi Liwet (Foto: Selerasa.com)

Nasi Liwet salah satu hidangan umum yang dijual di berbagai warung makan atau pedagang kaki lima di seluruh Kota Solo. Hidangan ini juga merupakan sajian yang banyak ditemukan di pasar tradisional.
 

4. Selat Solo


Di berbagai negara lain, steak merupakan makanan yang sangat populer. Dan Solo, ternyata juga punya Steak sendiri. Kalau di sana disebut dengan Selat Solo.

Resep ini dipengaruhi oleh budaya Eropa, karena ini merupakan hidangan Solo otentik yang berisi daging sapi yang direbus dalam kaldu, yang terdiri dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, dan terakhir dibumbui dengan garam serta merica.


Selat Solo (Foto: Food Sweety)

Banyak orang Jawa menganggap, hidangan ini merupakan kombinasi steak, sup, dan salad. Maka itu disebut dengan Selat (yang berarti Salad). Selain itu ada tambahan kentang, dan berbagai sayuran, biasanya wortel dan buncis. Semua bahan ini dipadukan menjadi satu hidangan lezat yang pasti akan memuaskan perutmu yang keroncongan.

Seperti halnya Nasi Liwet, Selat Solo juga mudah dijumpai. Cuma lebih banyak ditemui di tempat makan dan restoran di seluruh kota.
 

5. Serabi Solo


Selain makanan gurih dan asin, Solo juga punya kuliner dengan rasa manis. Tak lain dan tak bukan adalah Serabi Solo.

Kudapan ini pada dasarnya dibuat dengan tepung beras yang dicampur dengan santan. Kemudian digoreng mirip dengan cara menggoreng pannekoek (pancake Belanda).


Serabi Solo (Foto: Tips & Cara)

Beberapa variasinya antara lain topping seperti pisang, taburan coklat, keju atau bahkan nangka. Waspadai kalori tersebut karena begitu kamu mulai mengunyah, kamu susah untuk berhenti!

Serabi Solo biasanya ditemukan di tempat-tempat yang menjual jajanan tradisional, seperti pasar tradisional. Tempat populer dan legendaris yang menjual Serabi Solo adalah Serabi Notosuman di Jl. Mohammad Yamin No 28, Solo.
(FIR)