KULINER

Yuk, Ngopi Asyik Khas Indonesia di Luar Negeri

Mia Vale
Kamis 19 Mei 2022 / 16:05
Jakarta: Bagi Diaspora Indonesia (warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri), tentu akan merasa kangen dengan apa yang ada di Indonesia. Selain keluarga tercinta, biasanya orang-orang akan merindukan kuliner Indonesia, tak terkecuali kopi

Bahkan orang asing pun tak sedikit yang menyukai kopi. Ya, kopi Indonesia akhir-akhir ini menjadi sorotan dunia internasional karena cita rasanya yang khas dan nikmat. 

Seperti kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil kopi terbanyak di dunia. Bahkan Indonesia banyak mengekspor produksi kopinya ke belahan dunia yang lain. 

Melansir dari berbagai sumber, paling tidak sudah ada beberapa kedai kopi Indonesia yang tersebar di mancanegara dan menggunakan bahan baku biji kopi dari Indonesia. Jadi, kalau sedang jalan-jalan ke luar negeri jangan lupa mampir ke kedai kopi Indonesia ya. Kami berikan beberapa tempatnya. Selamat ngopi!
 

1. Warkop NYC, New York - Amerika Serikat



(Warkop NYC di New York, Amerika. Video: Dok. Instagram Warkop NYC/@warkopnyc)

Mengusung konsep warung kopi dan warmindo ala Indonesia, Warkop NYC ini menyajikan berbagai makanan dan minuman khas Indonesia. Mereka memboyong berbagai sajian andalan warkop Indonesia, seperti mi instan dan gorengan. 

Untuk mi instan, disajikan bersama topping pilihan, seperti keju, telur, sayur, sosis sapi, dan udang. Selain itu ada juga berbagai macam "makanan pembuka," termasuk tempe, bakwan, dan tahu goreng. 

Ada pula menu khas warkop lainnya, yakni roti bakar dan pisang bakar. Untuk minuman, tersedia teh kotak, es soda gembira, es kopi susu, es aren latte, dan masih banyak lainnya. So, Indonesian banget kan!
 

2. Dua Coffee, Washington DC - Amerika Serikat



(Dua Coffee DC, Washington DC. Foto dan Video: Dok. Dua Coffee DC/@duacoffeedc)

Merupakan kedai kopi lokal pertama yang berhasil membuka cabang di Amerika Serikat, tepatnya Washington DC. Dan tentu saja menggunakan biji kopi asli Indonesia.

Menu andalan yang ditawarkan dari kedai kopi yang berdiri sejak September 2019 ini antara lain, Americano, Macchiato, Cappuccino, Mocha, Flat White dan masih banyak lagi. Kamu bisa menikmati kopi-kopi tersebut dingin ataupun panas.  
 

3. Kopi Corner, Brussels – Belgia


kopi indonesia di belgia
(Foto: Dok. Eko Harsoselanto/@londonovsky/Tripzilla)

Berlokasi di sebuah kawasan bergengsi di Brussel, terdapat sebuah kedai kopi Indonesia bernama Kopi Corner. Dengan menggunakan biji kopi yang diimpor langsung dari Indonesia, semakin menancapkan semerbaknya wangi kopi di negara Eropa. Kopi yang disajikan, seperti Kopi Pasundan, Kopi Kintamani dan Kopi Flores. Selain kopi, kamu juga menikmati aneka teh dari Indonesia.
 

4. Ngopi UK, Birmingham – Inggris



(Ngopiuk Coffee Shop. Video: Dok: Instagram Ngopiuk Coffee Shop/@ngopiuk)

Kalau kamu berkunjung Inggris, utamanya Birmingham, rasanya kurang lengkap kalau tidak mampir ke kedai kopi ini. Tak hanya kopinya yang dari Indonesia, para baristanya pun orang Indonesia, loh. 

Atmosfer kampung halaman langsung terasa begitu memasuki kedai kopi ini. Apalagi sebuah peta Indonesia tergambar jelas di salah satu sudut dindingnya. Tidak hanya aneka olahan kopi Indonesia, aneka jajanan tradisional seperti mendoan, pastel hingga mi instan goreng kornet, bisa kamu nikmati. 
 

5. Kopi Kalyan, Tokyo - Jepang



(Kopikalyan Japan. Video: Dok. Kopikalyan Japan/@kopikalyanjapan)

Desember 2020 lalu, kedai kopi lokal asal Jakarta berhasil melebarkan sayapnya di mancanegara. Ya, Kopi Kalyan membuka cabang di Tokyo, Jepang. Menu andalan seperti Caffe Latte, Flat White, Piccolo, Long Black, Cappucino, Affogato, dan lain sebagainya, ditawarkan di kedai ini. 

Bagi ynag tidak minum kopi, kamu bisa memilih menu non-coffee seperti Chai, Black Tea, Mango Tea, Green Tea Latte. Nah, kalau kamu sedang berada di salah satu negara di atas, dan kangen banget sama kopi, minuman, atau camilan khas Indonesia, kamu tinggal menyambangi kedai-kedai tersebut. Jadi, jangan lupa mampir ya kalau kamu sedang berkunjung di beberapa negara di atas.
(TIN)