KULINER

Cara Buat Kulit Lumpia di Teflon

Yatin Suleha
Selasa 11 Mei 2021 / 20:46
Jakarta: Kulit lumpia memang enak ya terasa gurih dan garing. Tapi tahukah kamu bahwa ada dua jenis kulit lumpia? Kulit lumpia basah dan lumpia goreng. Dua-duanya biasa kita jumpai dalam aneka makanan khas nusantara.

Selain cara memasak dan penyajiannya yang berbeda, perbedaan yang paling mendasar adalah kulit yang digunakan. Kulit lumpia goreng lebih tipis dibandingkan lumpia basah. Nah, penasaran enggak bagaimana cara bikin kulit lumpia dengan memakai teflon? 

Kali ini Endeus akan memberi tahu ENDEUSiast cara bikin kulit lumpia di teflon. Simak yuk langkah-langkahnya:
 

Tips buat kulit lumpia goreng


Membuat kulit lumpia goreng kuncinya ada di kulitnya yang tipis sekali. Saking tipisnya kulit lumpia goreng ini bahkan sampai sering bocor. Kulit lumpia goreng yang ideal adalah kulitnya tipis tetapi lentur dan tidak bocor. Cara membuatnya di bawah ini
 

1. Siapkan bahan kulit lumpia goreng


Bahan-bahan kulit lumpia goreng antara lain tepung terigu protein sedang, sagu, garam, telur, susu cair, dan margarin leleh atau minyak. Campuran sagu ke dalam adonan ini membuat kulit lumpia gorengnya menjadi lebih lentur dan tidak mudah robek.

Semua bahan-bahannya harus ditakar supaya teksturnya pas, tekstur adonan kulit lumpia goreng harus cair supaya hasilnya tipis sekali.
 

2. Cara mendadar kulit lumpia goreng


Membuat kulit lumpia goreng tidak bisa langsung didadar seperti kulit lumpia basah. Jadi harus menggunakan kuas untuk mematangkan kulit lumpia goreng.

Jadi pertama siapkan dulu wajan antilengketnya dan usap dengan minyak menggunakan kuas kemudian panaskan. Lalu celupkan kuas ke dalam adonan kulit lumpia goreng. Oles-oles merata adonan kulit lumpia di seluruh wajah yang sudah dipanaskan.

Mengolesnya harus cepat agar adonan kulit lumpia merata di seluruh bagian wajan dan tentunya matangnya bisa bersamaan.


lumpia
(Jika masih tersisa, kamu bisa menyimpan kulit lumpia basah dan kering dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam kulkas bisa kuat hingga satu minggu. Foto: Dok. Endeus)


Jangan sampai ada lubang supaya kulitnya tidak berlubang dan bocor ya. Tunggu beberapa detik sampai kulit lumpia berubah warna, kemudian dorong pinggiran kulit menggunakan spatula kayu dan tebalikkan wajan antilengket untuk mengeluarkan kulit lumpianya.

Lakukan berulang kali hingga adonan kulit lumpia gorengnya habis. Kulit lumpia goreng ini juga bisa disimpan di kulkas hingga seminggu lamanya.
 

3. Cara membuat kulit lumpia basah


Jenis lumpia yang tak kalah nikmat adalah lumpia basah. Karena isiannya tumisan yang lebih basah, kulit lumpia basah lebih tebal dibandingkan kulit lumpia goreng.

Membuat kulit lumpia basah ini juga tak beda jauh dari kulit risoles. Berikut cara membuatnya.
 

- Siapkan bahan kulit lumpia basah


Tepung terigu protein sedang, sagu, telur, garam, dan santan. Tambahan santan ini menambahkan rasa gurih pada lumpia basah. Santan yang digunakan adalah santan encer sehingga teksturnya tetap encer. Ingat, adonan kulit yang encer membuat kulit lumpia basah lebih lentur dan tidak mudah robek saat digulung.
 

- Cara mendadar kulit lumpia basah


Sama seperti kulit lumpia goreng, kulit lumpia basah juga didadar dengan menggunakan teflon antilengkat. Oles sedikit margarin. Mengoles margarinnya cukup sedikit saja jangan terlalu banyak karena bisa membuat kulit lumpia basahnya jadi garing dan tidak lentur.

Gunakan sendok sayur untuk menuang adonan ke atas teflon antilengket. Setelah dituang, putar teflon antilengket hingga adonan melebar ke seluruh bagian teflonnya.

Setelah adonannya berpori-pori, segera angkat dari teflon antilengketnya. Jangan sampai lama dimasak karena kulit lumpia basah yang terlalu kering akan membuatnya kaku dan sulit dilipat.

Kulit lumpia basah juga bisa disimpan lho. Simpan di dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas bisa awet hingga seminggu. Nah, enggak sulit kan buatnya? Jadi, selamat mencoba ya!




(TIN)