KULINER

Pencarian Resep Olahan Tempe dan Tahu Meningkat saat Pandemi Covid-19

Sunnaholomi Halakrispen
Senin 12 Oktober 2020 / 18:06
Jakarta: Pandemi covid-19 ini mengubah segalanya. Termasuk penelusuran pencarian kuliner.

Adanya virus korona dan berada di rumah saja membuat sebagian orang memilih untuk berkreasi, salah satunya mencari resep masakan. Lebih khusus lagi, penelusuran makanan Asia dan Meksiko paling banyak dicari.

"Orang-orang bepergian dengan selera masing-masing, menciptakan kembali hidangan yang mereka makan tetapi sekarang harus memasak sebagai gantinya," tutur Esmee Williams, yang mencari tahu arah tujuan masakan rumahan untuk situs Allrecipes, yang berbasis di Seattle Amerika, dikutip dari CST.

"Selain itu, hidangan ini menghubungkan kita dengan kerabat yang tidak bisa kita temui sekarang," tambahnya.

Williams menekankan masakan mandiri. Misalnya, membuat roti sendiri, pasta buatan sendiri, yogurt buatan sendiri, dan sebagainya. Makanan yang lebih padat karya ini memberikan cara untuk tetap sibuk, belajar sesuatu yang baru, menghemat uang, dan menikmati makan enak, di tengah pandemi covid-19.

Apalagi, ketika berada di rumah saja atau stay at home, orang dewasa bekerja dari rumah dan anak-anak menjalani hari sekolah yang lebih pendek. Selain itu, kata Williams, jam makan malam mungkin mulai satu jam lebih awal dari biasanya.

"Acara makan keluarga hadir kembali dan itu terjadi di ketiga waktu makan. Rumah adalah pusat dari semua aktivitas, dan makanan adalah bagian terbesarnya," jelas Williams.

Selama pandemi covid-19, penelusuran untuk resep ramah keluarga di Allrecipes naik 34 persen dari tahun lalu. Penelusuran untuk resep sarapan naik 35 persen, dan makan siang naik 45 persen dalam tampilan halaman.

"Kami membuat lebih banyak makanan untuk keluarga daripada resep untuk per orangan," kata Williams.

Tren lain termasuk resep yang lebih sederhana, resep dengan bahan yang lebih sedikit, makanan satu panci, makanan loyang, resep makanan jari, dan bahan dapur. Masakan vegan dan vegetarian pun sedang meningkat.

Pencarian tentang olahan tahu dan tempe, yang menurun dalam beberapa tahun terakhir, kini meningkat. Tahu panggang adalah pencarian populer di Allrecipes pada musim ini.

"Pizza buatan sendiri menjadi luar biasa untuk keluarga, kreatif, dan menyenangkan, alternatif yang baik untuk dibawa pulang. Orang-orang menjadi lebih nyaman dengan ragi, dan orang-orang juga membeli oven pizza," paparnya.

Selain itu, penjualan multicooker meningkat. Begitu pula penelusuran resep untuk resep instan dengan panci yang 68 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Air fryer atau penggorengan udara dan slow cooker juga populer. Di sisi lain, penjualan pembuat roti naik 800 persen di bulan April dibandingkan dengan April sebelumnya.
(FIR)