KULINER

Jenis-jenis Soto yang Ada di Indonesia, Mana yang Paling Kamu Suka?

Raka Lestari
Sabtu 18 September 2021 / 15:13
Jakarta: Soto merupakan masakan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Setiap daerah di Indonesia, mempunyai jenis-jenis soto yang berbeda juga.

Namun yang pasti, semua soto yang ada di Indonesia ini hampir semuanya disajikan dengan kuah. Apa saja jenis soto-soto yang ada di Indonesia?

Dilansir dari Traveloka, berikut adalah keragaman soto yang ada di Indonesia:
 

1. Soto Lamongan


Salah satu jenis soto yang populer di Indonesia adalah Soto Lamongan. Kamu bisa dengan mudah menemukannya hampir di semua daerah di Pulau Jawa. Ciri khas dari soto ini adalah taburan bubuk koya di atas soto yang menambahkan cita rasa gurih saat menyantapnya.



Bubuk koya sendiri terbuat dari campuran bawang goreng dan kerupuk udang. Kuah soto lamongan juga tidak menggunakan santan, jadi lebih ringan saat disantap. Perihal isian, Soto Lamongan disajikan bersama suwiran daging ayam, tauge, dan kol. Umumnya, nasi putih hangat dihidangkan bersamaan dengan soto ini.
 

2. Soto Betawi


Soto Betawi berasal dari Jakarta, daerah tempat Suku Betawi berasal. Kuah yang digunakan dalam Soto Betawi adalah kuah santan dengan rasa rempah seperti pala, cengkeh, dan kapulaga.



Isiannya menggunakan daging dan jeroan sapi. Soto ini paling enak disantap dengan nasi putih hangat dan emping sebagai pelengkapnya.
 

3. Soto Kudus


Sesuai dengan namanya, soto khas yang satu ini berasal dari daerah Kudus. Cara penyajian soto kudus sangatlah unik yaitu dengan menggunakan mangkok kecil.



Kamu bisa memilih, mau soto kudus dengan isian daging ayam ataupun daging sapi. Di dalam kuah soto kudus kamu bisa menemukan potongan bawang putih goreng yang menambah cita rasa gurih.
 

4. Coto Makassar


Di Sulawesi, ada Soto Makassar yang bisa kamu cicipi untuk menu makanmu berikutnya. Di Makassar sendiri, Soto Makassar disebut dengan Coto Makassar. Warna kuah yang dimiliki Coto Makassar sangat unik dan khas berkat berbagai macam rempah yang digunakan.



Penyajiannya adalah dengan menggunakan mangkuk kecil, ditambah kacang goreng, daun seledri, daun bawang, serta bawang goreng. Coto Makassar juga sangat enak disantap bersamaan dengan ketupat atau lontong.
 

Coto Maros


Salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal adalah Coto Maros. Coto Maros merupakan makanan khas daerah Maros, yang berbatasan langsung dengan kota Makassar. Coto Maros adalah makanan berkuah berisi daging dan jeroan sapi yang direbus hingga memiliki tekstur empuk. Kemudian diiris-iris seukuran dadu.



CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib pun pernah mengunjungi Coto Maros. Hal tersebut terlihat dari postingan di akun Instagram resmi milik beliau. Coto Maros bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin merasakan sensasi lain dari Coto Makassar.
(FIR)

RELATED ARTICLE