KULINER

Sebelum Disimpan, Haruskah Daging Dicuci Terlebih Dulu?

Raka Lestari
Kamis 22 Juli 2021 / 14:15
Jakarta: Setelah Iduladha, biasanya masyarakat Indonesia memiliki stok daging yang masih bersisa. Untuk itu, bisa disimpan ke dalam freezer agar daging yang tersisa itu bisa dipakai di lain waktu.

Akan tetapi, dalam menyimpan daging ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa menyebutkan bahwa daging sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

"Jadi kalau misalnya kita punya pemikiran begitu dan takut dagingnya rusak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara pertama, tentu saja setelah dapat daging harus langsung dicuci. Barangkali informasi yang beredar di media massa mengatakan bahwa kalau daging mau disimpan itu tidak boleh dicuci. Itu sepenuhnya tidak benar," kata dr. Tan Shot Yen - Ahli Gizi.

Menurut dr. Tan, sebenarnya tidak masalah jika ingin mencuci daging terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam freezer. Hal ini karena untuk beberapa orang, daging yang tidak dicuci terlebih dahulu dikhawatirkan masih terdapat kotoran atau sisa-sisa darah yang menempel pada dagingnya.


(Jika kamu ingin langsung memasaknya tapi agar tetap awet adalah dengan memisahkan santan yang digunakan untuk membuat masakan dari daging tersebut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) 


"Menurut CDC Amerika, yang menjadi masalah ketika anda mencuci daging adalah itu air cucian yang menimbulkan cipratan. Nah itu cipratannya ke tembok, ke perkakas dapur. Air cipratan itu adalah media yang baik bagi kuman untuk tumbuh. Tetap cuci saja dagingnya, jangan jorok jadi cuci saja biar bersih. Lalu dimasukkan ke beberapa kantong plastik, baru kemudian masuk ke dalam freezer. Atau kalau tidak mau dimasukkan ke dalam freezer, ya langsung dimasak," anjur dr. Tan.

Dan, jika kamu ingin langsung memasaknya tapi agar tetap awet adalah dengan memisahkan santan yang digunakan untuk membuat masakan dari daging tersebut. Jadi misalnya ingin dimasak, sebaiknya tidak dimasukkan santan dulu. 

"Atau bisa juga dengan merebus terlebih dahulu dagingnya, besok-besoknya baru dibikin kari. Dan kalau mau awet, jangan ditambahkan santan sampai mau dimakan. Ketika kamu mau makan atau ketika akan dihangatkan, baru santannya dikeluarkan dan harus matang betul. Tidak ada santan dimakan mentah, dimasak sampai matang. Tetapi satu porsi sekaligus harus langsung habis dimakan. Bukan dihangatkan ulang ketika bersisa," tutup dr. Tan.

(yyy)