KULINER

6 Cara Buat Isian Sus Enak dan Tidak Enek

Yatin Suleha
Kamis 22 Juli 2021 / 07:00
Jakarta: Kalau kamu sedang mengudap kue sus, ini artinya kamu sedang makan makanan yang asalnya dari Prancis. Kue sus dalam bahasa Prancis disebut choux a la creme. 

Kue berbentuk bundar dengan rongga biasanya berisi fla, custard, atau daging. Sering melihat kue sus dengan isi vla atau custard disajikan setelah didinginkan di lemari es? Ya, ini karena vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi.

Nah bagaimana membuat isian kue sus yang manisnya pas dan tidak enek? Berikut ini resep isian sus untuk ENDEUSiast dari Endeus TV untuk kamu sontek dan buat saat weekend ya!
 

1. Memilih bahan yang wajib ditakar


Sebelum membuat isian sus, sebaiknya kita takar dulu semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Selain membuat rasanya pas, dengan menakar bahan-bahan untuk isian sus ini rasa yang dihasilkan juga akan sama alias konsisten.

Apalagi yang ingin membuat sus sebagai menu jualannya, wajib banget mengikuti takaran agar rasa isian sus tidak pernah berbeda-beda!
 

2. Perhatikan penggunaan gula


Semakin manis makanan yang kita buat, kita pasti menjadi lebih mudah enek. Begitu juga halnya dengan isian sus yang akan dibuat.

Penggunaan gula pada vla ini harus banget kita perhatikan. Jangan terlalu sedikit karena akan membuatnya menjadi terlalu hambar. Jangan pula terlalu banyak karena bisa membuat siapa saja lebih mudah enek bahkan sampai sakit kepala!
 

3. Gunakan vanili


Isian sus yang terbuat dari vla atau custard pasti menggunakan kuning telur. Kuning telur ini akan membuat isian sus menjadi amis tapi teksturnya menjadi lebih lembut begitu juga rasanya.

Nah, supaya bau amisnya tidak mengganggu, kita tambahkan vanili pada isian sus yang kita buat. Bagusnya kita menggunakan vanili yang segar. Jadi, kita belah dulu vanili batangnya lalu kita keruk isiannya dan masukkan ke dalam vla atau custard yang dibuat.

Tak hanya menghilangkan bau amis pada vla atau custard, vanili ini juga membuatnya menjadi harum dan lebih enak lagi.

Jika tidak tersedia vanili yang segar, kita bisa menggunakan ekstrak vanilla atau vanilla bubuk untuk ditambahkan saat proses membuat isian sus berlangsung.


sus
(Kamu juga bisa menghiasi atas fla dengan cokelat jika kamu suka. Foto: Dok. Instagram Natanael/@koh_aming)
 

4. Menambahkan buah


Salah satu tips membuat isian sus yang manisnya tidak bikin eneg adalah dengan menambahkan buah ke dalam adonan yang kita buah.

Buah yang bisa digunakan adalah kelompok buah beri seperti stroberi, blueberry, dan lain-lain. Buah-buah ini bisa dicampur ke dalam proses pembuatannya agar langsung memberi rasa pada vla yang dibuat.

Tapi kita juga bisa membuat buah ini sebagai topping setelah isian sus disemprot ke dalam kulit sus yang sudah dibelah.
 

5. Jangan sampai kuning telurnya pecah


Salah satu kegagalan membuat isian sus adalah kuning telurnya pecah. Kuning telur ini sensitif sekali pada panas. Jika tidak langsung diaduk, kuning telur akan matang alias pecah. 

Jika kuning telur ini sudah pecah, tidak akan bisa lagi menyelamatkan sus. Jika ingin membuat custard, ada baiknya kuning telurnya kita aduk dengan gula terlebih dahulu.

Sementara kalau membuat vla, kita bisa memancing adonan kuning telurnya dulu. Caranya dengan mencampur kuning telur dengan sedikit cairan vla baru saat sudah tercampur tuang kembali ke dalam rebusan bahan-bahan vlanya.

Selain dipancing, untuk menjaga agar kuning telur tidak pecah, kita harus mengaduk adonan dengan cepat sesaat telur masuk ke dalam rebusan vla.
 

6. Membuat variasi vla


Vla original saja sudah enak, tapi tidak ada salahnya kita membuat variasi vla supaya sus tidak cepat eneg. Variasi yang bisa kita lakukan adalah menambahkan bahan seperti keju, remahan biskuit buah dan cokelat ke dalam vla yang kita buat.

Jangan sampai campuran ini terlalu manis, ya, karena akan membuat sus jadi eneg lagi! Itulah tips membuat isian sus yang manisnya pas dan tidak membuat eneg. Gampang banget, kan? Jangan lupa dicoba ya!




(TIN)